Warga Ngeluh Pertalite Makin Boros-Keruh, Wamen BUMN: Formula Tak Berubah!

ADVERTISEMENT

Warga Ngeluh Pertalite Makin Boros-Keruh, Wamen BUMN: Formula Tak Berubah!

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 27 Sep 2022 15:50 WIB
BBM Pertalite kini mulai sulit dijumpai masyarakat. Sejumlah SPBU kehabisan Pertalite, jika pun ada antreannya mengular panjang.
Pertalite/: Achmad Dwi Afriyadi
Jakarta -

Belakangan masyarakat mengeluhkan bahwa bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite malah lebih boros usai kenaikan harga. Media sosial juga dihebohkan bahwa warna dari Pertalite sekarang ini lebih keruh.

Menanggapi kehebohan itu, Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Pahala Nugraha Mansury menegaskan dan memastikan formula dan spesifikasi dari BBM Pertalite tidak berubah sama sekali.

"Saya rasa tidak ada indikasi seperti itu, yang namanya formula dari produsen itu spesifikasinya BBM Pertalite itu tidak berubah sama sekali. Sejauh ini, yang kita produksi di kilang-kilang kita tidak ada perubahan spesifikasi sama sekali untuk Pertalite," jelasnya, saat ditemui di sela-sela acara Global Future Fellows 2022 di Nusa Dua, Bali, Selasa (27/9/2022).

Dengan kehebohan itu, pihaknya mengatakan akan melakukan edukasi kepada masyarakat bahwa pemerintah memastikan tidak ada perubahan formula dan spesifikasi yang membuat BBM Pertalite menjadi lebih boros atau pun keruh.

"Kalau misalnya persepsi masyarakat, itu makanya kita perlu lakukan edukasi untuk bahwa memastikan bahwa salah satunya itu dari pengurangan subsidi itu, bukan perubahan dari BBM Pertalite," ungkapnya.

Untuk diketahui, media sosial Facebook sebelumnya dihebohkan dengan sebuah unggahan yang menunjukkan perbandingan warna BBM Pertalite lama dan baru. Warna BBM Pertalite yang baru dinarasikan lebih keruh dengan yang lama.

Dalam unggahan tersebut nampak ada foto bensin yang ditampung dalam dua botol bekas air mineral 1 literan. Botol yang satu warna bensinnya terlihat hijau pekat, sementara di sebelahnya warna bensinnya hijau pucat.

Bensin yang ada di dalam foto itu disebut-sebut adalah Pertalite. Masih dari unggahan tersebut juga disebutkan BBM Pertalite makin boros.

"Perbandingan Pertalite yang lama sama yang baru. Pantas boros betul," tulis akun yang mengunggah foto tersebut, dilihat detikcom, Minggu (25/9).



Simak Video "Jangan Salahkan Pertalite, Mungkin Ini yang Bikin Kendaraan Jadi Lebih Boros!"
[Gambas:Video 20detik]
(ada/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT