ADVERTISEMENT

17.500 Rumah di 2 Kabupaten Ini Bakal Nikmati Sambungan Gas Bumi

Ilyas Fadhillah - detikFinance
Kamis, 29 Sep 2022 09:13 WIB
Petugas PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) melakukan pengecekan rutin instalasi di PT Ubin Keramik Kemenangan Jaya Bogor, Jawa Barat. PGN telah mengoperasikan infrastruktur pipa gas bumi sepanjang 7.453 km atau setara 80% pipa gas bumi hilir di seluruh Indonesia.
Foto: dok. PGN
Jakarta -

PT PGN mempercepat distribusi jaringan gas (jargas) rumah tangga di pulau Sumatera. Terbaru, PGN berencana membangun jargas di Kabupaten Musi Banyuasin, dan Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan.

Sebanyak 2.500 sambungan jargas rumah tangga akan dibangun di Kabupaten Musi Banyuasin dan 15.000 sambungan baru untuk warga Kabupaten Banyuasin. Jaringan gas ini akan digunakan untuk kebutuhan rumah tangga dan usaha kecil.

"Dalam rangka menghemat pengeluaran masyarakat, Pemkab Muba bekerjasama dengan Dirjen Migas dan PGN untuk terus mengembangkan jargas. Ke depan jargas akan dibangun sebanyak 2.500 SR," ujar Pejabat Bupati Musi Banyasin H. Apriyadi dalam sambutannya, (28/9/2022).

Di tempat terpisah, Wakil Bupati Banyuasin H. Slamet Somosentono menyampaikan bahwa masyarakat bisa menikmati penghematan penggunaan jargas rumah tangga dibandingkan dengan gas tabung, tidak khawatir kehabisan gas, dan menghemat subsidi.

"Ke depan semoga pembangunan jargas di Banyuasin dapat berjalan lancar khususnya di Kecamatan Talang Kelapa. Pemerintah Kabupaten Banyuasin juga tengah berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan tidak membebani APBD, salah satunya melalui jargas," ujar Slamet.

Rencana ini ditandai dengan penandatangan Kesepakatan Bersama dengan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin dan Kabupaten Banyuasin. Penandatanganan Kesepakatan Bersama dengan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) bersamaan dengan HUT Muba ke-66 dan disaksikan langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru. Kesepakatan Bersama ditandatangani oleh Pejabat Bupati Musi Banyuasin H. Apriyadi, Wakil Bupati Banyuasin H. Slamet Somosentono, dan Direktur Sales dan Operasi PGN Faris Aziz yang didampingi oleh Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN Achmad Muchtasyar.

Sementara itu, Direktur Sales dan Operasi PGN Faris Aziz memaparkan, pembangunan jargas di Kabupaten Musi Banyuasin dan Banyuasin ditujukan untuk menjamin ketahanan energi dan mempercepat terwujudnya diversifikasi energi dengan memanfaatkan sumber energi dalam negeri, khususnya gas bumi untuk rumah tangga.

"PGN juga mendukung program Pemerintah Kabupatan Muba dan Banyuasin untuk mewujudkan Smart City, serta mengurangi kepadatan lalu lintas dengan mengalihkan moda transportasi gas yang semula menggunakan truk tabung gas menjadi menggunakan. Maka akan lebih hemat tempat dan tidak memerlukan distribusi menggunakan kendaraan," jelas Faris.



Simak Video "Penampakan 'Harta Karun' Migas yang Baru Ditemukan di Sumsel"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT