Biaya Sambung Listrik di Daerah Ini Bikin Geleng-geleng, Tembus Rp 45 Juta!

ADVERTISEMENT

Biaya Sambung Listrik di Daerah Ini Bikin Geleng-geleng, Tembus Rp 45 Juta!

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 29 Sep 2022 13:59 WIB
PLN mengerahkan petugas untuk memastikan kesesuaian tagihan rekening listrik penggunanya.
Ilustrasi/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Investasi pembangunan infrastruktur kelistrikan di wilayah tertinggal, terdepan dan terluar (3T) jauh lebih mahal dibanding non-3T. Maka itu, biaya sambung listrik per pelanggan di 3T pun jauh lebih mahal.

Direktur Distribusi PT PLN (Persero) Adi Priyanto mengatakan, biaya penyambungan di regional Jawa, Madura dan Bali (Jamali) tembus Rp 45 juta per pelanggan.

"Contohnya di Jawa Bali kita untuk menyambung temen-temen kita yang 3T di daerah sekitar Madura sana sampai Rp 45 juta per pelanggan biayanya," katanya di Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Kamis (29/9/2022).

Kemudian, untuk regional Sumatera Kalimantan (Sumkal) biaya sambung listrik Rp 39 juta per pelanggan. Lalu, untuk regional Sulawesi, Maluku, Papua, dan Nusa Tenggara (Sulmapana) Rp 25 juta per pelanggan.

"Sedangkan untuk rata-rata investasi non 3T di Jawa Bali di deket-deket sini, yang Bogor kira-kira Rp 1-2 juta per pelanggan," ujarnya.

Lebih lanjut, PLN akan mendapat penyertaan modal negara (PMN) Rp 10 triliun pada tahun depan untuk pembangunan infrastruktur kelistrikan di wilayah 3T. Rinciannya untuk pembangunan pembangkit Rp 1,7 trilun, transmisi dan gardu induk Rp 3,7 triliun, dan jaringan distribusi Rp 4,4 triliun.

"Totalnya kira-kira Rp 10 triliun," ujarnya.

Simak juga Video: Begini Cara Mengurangi Ketergantungan pada BBM

[Gambas:Video 20detik]




(acd/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT