Bandingkan Harga BBM RI, Jokowi: Di Negara Lain Sampai Rp 32 Ribu!

ADVERTISEMENT

Bandingkan Harga BBM RI, Jokowi: Di Negara Lain Sampai Rp 32 Ribu!

Ilyas Fadhillah - detikFinance
Kamis, 29 Sep 2022 16:08 WIB
Antrean tersebut terkait adanya isu rencana pemerintah menyesuaikan harga BBM jenis Pertalite dan Solar bersubsidi per tanggal 1 September 2022.
Ilustrasi Harga BBM/Foto: ANTARA FOTO
Jakarta -

Pemerintah telah menaikkan harga BBM jenis Pertalite, Solar dan Pertamax pada 3 September 2022. Harga Solar naik menjadi Rp 6.800 per liter, Pertalite naik menjadi Rp 10.000/liter, dan Pertamax naik jadi Rp 14.500/liter.

Meskipun sudah naik, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai harga BBM di Indonesia tidak lebih mahal dibanding negara lain.

"Kita baru saja menyesuaikan harga BBM. Tapi coba bandingkan dengan negara lain, sampai Rp 32 ribu. Sampai Rp 24 ribu. Gas bisa naik sampai 500%," katanya dalam dalam arahannya kepada seluruh Menteri/Kepala Lembaga, Kepala Daerah, Pimpinan BUMN, Pangdam, Kapolda dan Kajati si JCC Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (29/9/2022).

Ia menyebut masyarakat harus memahami kondisi ini. Dunia memang masih dilanda ketidakpastian, termasuk krisis energi, krisis pangan, dan krisis finansial.

Ia mencontohkan apa yang terjadi di Inggris. Mata uang Inggris ponds sterling terus tertekan yang berdampak pada seluruh mata uang dunia, termasuk Indonesia.

"Nilai tukar di semua negara tergoncang dan melemah, terdepresiasi, termasuk kita. Hati-hati mengenai ketidakpastian ini," pungkasnya.



Simak Video "Bawa Keranda-Spanduk, Massa Buruh Tolak BBM Naik Tiba di Patung Kuda"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT