Kok Listrik Padam saat Hujan Deras dan Banjir? PLN Ungkap Alasannya

ADVERTISEMENT

Kok Listrik Padam saat Hujan Deras dan Banjir? PLN Ungkap Alasannya

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 06 Okt 2022 14:35 WIB
Tersengat Listrik
Foto: Hati-hati Tersengat Listrik Saat Hujan (Tim Infografis: Zaki Alfarabi)
Jakarta -

Seringkali ketika hujan lebat mengguyur Jakarta, beberapa pemukiman di Jakarta padam listriknya karena kebanjiran. PT PLN (Persero) menjelaskan mengapa pemadaman terpaksa harus dilakukan.

Senior Manager Komunikasi dan Umum PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) Kemas Abdul Gaffur mengatakan sebetulnya dari sisi teknis, peralatan PLN sudah disiapkan dan juga diamankan semuanya.

Hanya saja, seringkali kondisi di tengah masyarakat memaksa PLN untuk memadamkan listrik. Pasalnya rumah-rumah masyarakat banyak yang terendam air.

"Kenapa banjir itu listrik tiba-tiba padam? Bukan berarti PLN itu nggak siap. Peralatan kami dibuat secara teknis untuk hadaoi kondisi hujan dan panas. Namun dalam pelaksanaan penyalurannya ke masyarakat, ada kondisi di tengah masyarakat, meskipun gardunya kuta sudah ditinggikan cuma masyarakat rumahnya terendam air," ungkap Kemas dalam temu media di Penang Bistro, bilangan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (6/10/2022).

Kemas bilang pemadaman listrik dilakukan untuk menjaga potensi bahaya listrik yang terjadi di tengah masyarakat yang rumahnya terendam air.

"Dri sisi PLN amab cuma pemadaman terjadi karena itu ada rumah masyarakat yang terendam banjir. Ada potensi bahaya listrik dari milik pelanggan," sebut Kemas.

"Padam itu bukan karena ingin padam, tapi supaya masyarakat terhindar dari bahaya listrik yang ada di lokasi pelanggan itu sendiri," tegasnya.

PLN sendiri sudah mengupayakan agar fasilitasnya aman, misalnya saja meninggikan tiang dan gardu listrik di kawasan yang rawan banjir. PLN juga menyiapkan beberapa layanan listrik portabel yang bisa digunakan sementara oleh masyarakat.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT