Paris Krisis Energi, Atlet Parkour Jumpalitan Demi Matikan Lampu Toko

ADVERTISEMENT

Paris Krisis Energi, Atlet Parkour Jumpalitan Demi Matikan Lampu Toko

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 18 Okt 2022 09:13 WIB
Two young male parkour freerunners jumping over a wall.
Foto: ilustrasi parkour/thinkstock
Jakarta -

Para atlet parkour di Paris melakukan aksi mematikan lampu yang ada di toko-toko pinggir jalan. Aksi tersebut sebagai gerakan dalam menghadapi krisis energi yang dialami Paris.

Dikutip dari New York Times, aksi yang dilakukan aktivis muda ini dilakukan karena lampu yang terus menyala sepanjang malam dianggap sebagai pemborosan.

Dari video yang diunggah di akun Instagram nytimes, atlet parkour ini terlihat melompat dan memanjat untuk mematikan lampu-lampu tersebut.

Sebenarnya aksi mematikan lampu toko ini sudah dua tahun dilakukan oleh Benhalima dan teman-temannya. Mereka mematikan lampu ini dengan tujuan memerangi polusi cahaya dan penghematan energi di kota-kota besar di Prancis.

Namun aksi di Paris ini mencuat dalam beberapa bulan terakhir. Ketika Prancis memulai strategi konservasi energi untuk mengatasi krisis gas yang terjadi akibat pembatasan pengiriman dari Rusia.

Pimpinan On The Spot Parkour Kevin Ha mengungkapkan sebenarnya aksi ini bisa dilakukan oleh semua orang dengan cara masing-masing.

"Kami berkontribusi dengan kemampuan kami," kata dia dikutip dari New York Times, Selasa (18/10/2022).

Dalam aksinya ini, Kevin Ha biasanya mencari saklar listrik yang dipasang di luar toko. Saklar-saklar ini terpasang 9 hingga 13 kaki. Banyak lampu-lampu di toko branded seperti Louis Vuitton dan Rolex yang terus menyala sepanjang hari.

Padahal lebih dari satu dekade, Kantor Balai Kota Paris telah mengeluarkan perintah kepada toko-toko untuk mematikan semua tanda lampu dan pajangan di jendela sejak pukul 1 pagi hingga 6 pagi. Namun toko mengabaikan aturan tersebut.

Pemerintah Kota Paris juga tidak memberikan sanksi untuk toko yang melanggar. Padahal langkah ini disebut bisa untuk melawan polusi dalam skala kecil.

[Gambas:Instagram]





Simak Video "Lampu Natal Mulai Nyala di Champs Elysees Paris di Tengah Krisis Energi"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT