Jateng hingga Jatim Bakal Dapat Tambahan Pasokan Gas, dari Mana?

ADVERTISEMENT

Jateng hingga Jatim Bakal Dapat Tambahan Pasokan Gas, dari Mana?

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Jumat, 21 Okt 2022 13:19 WIB
Petugas PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) melakukan pengecekan rutin instalasi di PT Ubin Keramik Kemenangan Jaya Bogor, Jawa Barat. PGN telah mengoperasikan infrastruktur pipa gas bumi sepanjang 7.453 km atau setara 80% pipa gas bumi hilir di seluruh Indonesia.
Pipa gas/Foto: dok. PGN
Jakarta -

Subholding Gas Grup Pertamina yaitu PT PGN Tbk dan PT Pertagas Niaga meningkatkan pasokan gas bumi di wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah dan sekitarnya. Keduanya menandatangani Kesepakatan Bersama Jual Beli Gas (KB) dengan Husky-CNOOC Madura Limited (HCML) penggunaan pasokan gas dari pengembangan Lapangan MDA-MBH-MDK (3M).

Direktur Utama PT PGN Tbk M. Haryo Yunianto mengatakan, Lapangan 3M ditargetkan bisa berproduksi pada minggu ketiga Oktober 2022.

"Kerja sama diharapkan dapat memberikan value creation bersama dan PGN Grup secepatnya dapat segera menjalankan operasinya. Market tidak hanya di Jawa Timur, tapi di seluruh dunia. Semoga kami dapat menjangkau peluang tersebut dan kami akan melakukan beberapa developing teknologi dan market agar sumber yang sudah ada bisa disuplai ke seluruh dunia," ujar Haryo dalam acara penandatanganan KB dengan HCML, (21/10/2022) seperti dalam keterangan resminya, Jumat (21/10/2022).

Sementarar itu, Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PGN Heru Setiawan mengungkapkan, Subholding Gas Grup menjadi multibuyer dan siap mendukung HCML dalam pemanfaatan gas bumi Lapangan 3M dengan menyalurkan gas bumi bagi pelanggan di wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah.

PGN dan HCML juga telah memiliki kerja sama dalam menyalurkan gas bumi dari Lapangan BD di Jawa Timur untuk pemenuhan gas bumi pelanggan PGN di Jawa Timur sejak 2017.

"Kerja sama ini tentunya dapat semakin meningkatkan kehandalan sumber gas bumi agar upaya akselerasi pemanfaatan gas bumi PGN tidak hanya di Jawa Tengah dan Jawa Timur semakin meluas tanpa khawatir kekurangan pasokan," ujar Heru.

"Kerjasama PTGN sebagai bagian dari Subholding Gas dengan HCML ini menambah optimisme kami untuk meningkatkan kontribusi pada pemenuhan kebutuhan gas, khususnya dalam era transisi energi. Ini sejalan dengan komitmen bersama untuk mewujudkan pemerataan dan ketahanan energi ramah lingkungan di Indonesia," imbuh Bondan Christiandinata selaku Finance & General Affairs Director Pertagas Niaga.

Executive Manager HCML Wahyudin Sunarya juga menyambut baik kesepakatan pemanfaatan Lapangan 3M dengan PGN. Menurutnya, saat ini sektor migas sedang dalam momentum yang baik untuk investasi dan keekonomian lapangan sangat baik untuk dilakukan pengembangan kembali.

"Kami melihat PGN sebagai strategic partner dan di lapangan pertama kami, Lapangan BD, sudah dimanfaatkan PGN. Hari ini menjadi tonggak bersejarah, gas dari HCML - Lapangan 3M dapat disalurkan ke PGN. Semoga kerjasama ini langgeng dan bisa go international karena HCML berada di seluruh dunia, sehingga dapat menjadi opportunity bagi PGN untuk go international," ujar Wahyudin.

"Kedepannya, PGN dan HCML akan terus bekerjasama dalam utilisasi pengembangan Lapangan HCML di Jawa Timur. PGN mengharapkan kehandalan pasokan gas dapat terjaga dan potensi potensi gas bumi dapat berasal dari pasokan-pasokan lainnya di Indonesia," pungkas Heru.



Simak Video "Penampakan 'Harta Karun' Migas yang Baru Ditemukan di Sumsel"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT