Gelar Konvoi 1.300 Motor Listrik di Surabaya, PLN Pecahkan Rekor MURI

ADVERTISEMENT

Gelar Konvoi 1.300 Motor Listrik di Surabaya, PLN Pecahkan Rekor MURI

Erika Dyah Fitriani - detikFinance
Senin, 31 Okt 2022 08:45 WIB
Konvoi motor listrik
Gelar Konvoi 1.300 Motor Listrik di Surabaya, PLN Pecahkan Rekor MURI/Foto: dok. PLN
Jakarta -

PT PLN (Persero) menggelar konvoi 1.300 kendaraan listrik dan Electric Festival dalam rangkaian Hari Listrik Nasional (HLN) ke-77. Kegiatan ini berhasil memecahkan Rekor MURI konvoi motor listrik terbanyak yang pernah dilakukan.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur (UID Jatim), Lasiran mengatakan konvoi 1.300 kendaraan listrik yang digelar Minggu (30/10) ini merupakan perjalanan panjang PLN untuk menumbuhkan iklim kendaraan listrik di Indonesia, khususnya di Jawa Timur.

"Mengusung konsep The New PLN 4.0, Unleashing Energy and Beyond, PLN telah bertransformasi mengedepankan digitalisasi dalam setiap lini proses bisnis menjadi lebih efisien. Mengusung salah satu aspirasi transformasi yakni Green dan sekaligus sebagai upaya mencapai net zero emission, PLN terus menggiatkan upaya-upaya untuk mengkampanyekan penggunaan energi bersih salah satunya melalui upaya electrifying lifestyle," papar Lasiran dalam keterangan tertulis, Senin (31/10/2022).

Lasiran menambahkan upaya menumbuhkan iklim kendaraan listrik dimulai sejak dikeluarkannya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019 tanggal 8 Agustus 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan. Kebijakan ini ditindaklanjuti oleh PLN dengan pembangunan infrastruktur kendaraan listrik, yakni Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Direktur Distribusi PLN, Adi Priyanto menuturkan kolaborasi yang terjalin dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur merupakan kunci suksesnya pertumbuhan ekosistem EV di Jawa Timur.

"Kami mengucapkan selamat kepada Pemprov Jawa Timur atas penghargaan yang diperoleh sebagai daerah terbaik yang melakukan transisi energi, kegiatan kali ini merupakan wujud nyata tersebut. Semoga agenda-agenda kolaborasi lainnya untuk mewujudkan net zero emission segera berjalan dengan baik," ungkap Adi.

Hingga saat ini, tercatat ada 150 SPKLU PLN tersebar di seluruh Indonesia dan 8 di antaranya berada di Jawa Timur. PLN pun memberikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang telah mengeluarkan Surat Edaran nomor 671/85/124.3/2022 mengenai imbauan penggunaan kendaraan listrik di Jawa Timur.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa yang hadir dalam kegiatan konvoi ini turut mengapresiasi konsistensi PLN menumbuhkan iklim kendaraan listrik di Jawa Timur.

"Hari bersejarah ini merupakan manifestasi partnership yang baik antara PLN dan Pemprov Jatim untuk mewujudkan lingkungan yang bersih. Nanti kami juga akan ada kolaborasi penanaman mangrove sebagai sedekah oksigen untuk mewujudkan green energy yang berkelanjutan. Konversi energi memang tidak bisa dielakkan semoga kita bisa mencapai dengan sebaik-baiknya," terang Khofifah.

Selain konvoi, PLN juga menggelar Electric Festival dalam rangka Hari Listrik Nasional yang menghadirkan pameran motor listrik, games menarik, hingga penampilan bintang tamu, Bian Gindas, serta pemberian santunan kepada anak yatim dan duafa.

Sebelumnya, PLN juga telah memberikan sambung listrik gratis kepada 3.607 keluarga pra sejahtera yang dinyalakan secara serentak pada Kamis (27/10) dan 15 di antaranya tersebar di Balong, Ponorogo, Pacitan, Bondowoso, dan Sukorejo. Sambung listrik gratis ini berasal dari donasi gaji Pegawai PLN.

Sebagai informasi, konvoi kendaraan listrik ini juga diikuti oleh Kepala Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur Nurkholis. Selain di Surabaya, konvoi yang diikuti oleh pegawai, mitra, dan komunitas Electric Vehicle juga digelar serentak di 10 kota lainnya di Jawa Timur.

(prf/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT