Pengusaha Malaysia Minat Bangun Tol di Kalimantan, Ini Lokasinya

ADVERTISEMENT

Pengusaha Malaysia Minat Bangun Tol di Kalimantan, Ini Lokasinya

Ilyas Fadilah - detikFinance
Kamis, 03 Nov 2022 22:07 WIB
Presiden Jokowi didampingi sejumlah pejabat meresmikan Seksi I dan Seksi V Jalan Tol Balikpapan – Samarinda  (Balsam). Ini foto-fotonya.
Foto: Dok. Kementerian PUPR: Jalan tol Balikpapan-Samarinda, pertama di Kalimantan
Jakarta -

Sejumlah perusahaan Malaysia disebut tertarik investasi di proyek pembangunan jalan tol di Kalimantan. Adapun proyek jalan tol yang dimaksud adalah dari Pontianak hingga Singkawang, Kalimantan Barat (Kalbar).

Ketertarikan ini diungkapkan usai investor asal Kuching, Sarawak Malaysia melakukan kunjungan ke Pontianak. Executive Chairman Maltimur Resources SDN BHD, Junaidi yang mewakili 7 perusahaan di Pontianak mengonfirmasi hal ini.

"Saya melihat peluang kerja sama yang bisa dilakukan dengan Kota Pontianak antara lain membuat jalan tol. Kami berharap penjajakan pembangunan jalan tol itu bisa dikaji lebih dalam terhadap peningkatan ekonomi," ujarnya usai bertemu dengan Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, dikutip dari Antara, Kamis (3/11/2022).

Junaidi menambahkan ada pula perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan energi listrik solar hybrid. Solar hybrid ini dinilai cocok digunakan di daerah-daerah pedalaman atau jauh dari wilayah perkotaan, di mana penduduk yang bermukim di sana tidak terlalu banyak.

Peluang kerja sama di Kalbar sangat terbuka bagi perusahaan-perusahaan asal malaysia. Apalagi perkembangan pembangunan di Pontianak dan sekitarnya termasuk pesat.

"Kami berharap melalui kerja sama ini nantinya bisa semakin mempercepat pembangunan di wilayah ini, terutama di Kabupaten Sambas, Kota Singkawang dan Kota Pontianak," ungkap Junaidi.

Bersambung ke halaman berikutnya. Langsung klik

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT