Jelang G20, Gedung-gedung Command Center Nusa Dua Dipasangi Panel Surya

ADVERTISEMENT

Jelang G20, Gedung-gedung Command Center Nusa Dua Dipasangi Panel Surya

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Selasa, 08 Nov 2022 11:51 WIB
panel surya g20
Foto: Dok. ITDC
Jakarta -

Acara puncak Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Bali sebentar lagi dimulai. Gedung-gedung command center di kawasan Nusa Dua yang menjadi lokasi konferensi mulai dipasangi panel surya.

PT ITDC Nusantara Utilitas (ITDC Utilitas), anak usaha PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), mengembangkan project pioneer PLTS Rooftop di area Command Centre The Nusa Dua dan Lagoon ITDC.

Hal ini sejalan dengan percepatan transisi energi sesuai BALI COMPACT dan Bali Energy Transitions Roadmap. Instalasi PLTS Rooftop tahap awal dengan kapasitas 97 kWp, atau setara dengan 10% jumlah konsumsi energi operasional utilitas kawasan ini, akan menjadi bagian dari sumber energi listrik gedung-gedung vital pada saat penyelenggaraan KTT G20, yaitu gedung-gedung Command Center di kawasan The Nusa Dua.

PLTS Rooftop The Nusa Dua ini dikembangkan oleh ITDC Utilitas berkolaborasi dengan SUN Energy, perusahaan pengembang PLTS yang telah dipasang di berbagai jenis industri.

"ITDC Utilitas akan terus melakukan berbagai improvement dalam pemenuhan kebutuhan utilitas di dalam kawasan, termasuk dalam mengembangkan zona hijau energi," kata Direktur Utama ITDC Utilitas A.A Istri Ratna Dewi dalam keterangan tertulis, Selasa (8/11/2022).

Transisi menuju energi keberlanjutan telah dicatatkan menjadi salah satu fokus utama dari pelaksanaan KTT G20, yang juga akan menjawab permasalahan lingkungan seperti krisis iklim global.

ITDC Utilitas sudah mengembangkan konsep keberlanjutan di kawasan pariwisata The Nusa Dua, Bali, melalui pemanfaatan energi surya sebagai sumber energi keberlanjutan. Aksi transisi energi ini sejalan dengan salah satu pokok bahasan Presidensi G20 Indonesia yakni mendorong transisi energi menuju energi baru dan terbarukan

panel surya g20Jelang G20, Gedung-gedung Command Center Nusa Dua Dipasangi Panel Surya Foto: Dok. ITDC

"Pertambahan portofolio bisnis dari beragam jenis industri yang terus kami catatkan menjadi bukti dari pertumbuhan minat pasar akan pemanfaatan energi surya di Indonesia," kata Direktur Utama SUN Energy Roy Wijaya

SUN Energy juga punya stasiun pengisian daya listrik berbasis energi surya bernama Chargee yang diperkenalkan pertama kali di kawasan pariwisata seperti Mandalika dan Labuan Bajo.



Simak Video "Melihat Lagi Sederet Momen Viral di Acara KTT G20 Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(ang/ang)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT