Bos Freeport Sebut Smelter di Gresik Bakal Jadi yang Terbesar di Dunia

ADVERTISEMENT

KTT G20

Bos Freeport Sebut Smelter di Gresik Bakal Jadi yang Terbesar di Dunia

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 16 Nov 2022 15:12 WIB
CEO Freeport McMoRan Inc, Richard C Adkerson
Chairman of the Board and Chief Executive Officer of Freeport-McMoRan Inc. Richard C. Adkerson (Foto: Ari Saputra)
Jakarta -

PT Freeport Indonesa tengah membangun pabrik pemurnian atau smelter di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik Jawa Timur. Smelter ini digadang-gadangkan akan menjadi smelter tembaga tunggal terbesar di dunia.

Hal itu disampaikan oleh Chairman of the Board and Chief Executive Officer of Freeport-McMoRan Inc. Richard C. Adkerson saat berbincang dengan detikcom di sela-sela acara KTT G20 di Bali.

Ia percaya smelter ini akan menjadi salah satu yang terbesar di dunia dan menjadi smelter tembaga kedua di Indonesia. Adapun nilai dari proyek ini yakni US$ 3 miliar atau setara Rp 46,5 triliun (kurs Rp 15.500).

"Ini adalah proyek besar lebih dari dari US$ 3 miliar. Ini akan menjadi smelter tembaga tunggal terbesar di dunia. Ini akan menjadi smelter tembaga kedua di Indonesia," ungkapnya.

"Ini adalah proyek besar dan rumit. Tapi ini masih berlanjut dan kami berkomitmen untuk cepat menyelesaikannya," tambahnya.

Adkerson juga memastikan, pembangunan smelter akan selesai pada awal 224 meskipun di tengah berbagai tantangan.

"Proyek pembangunan di Jawa Timur berjalan lancar. Kami sesuai jadwal untuk menyelesaikan smelter pada tahun 2024, dan mudah-mudahan awal 2024," katanya.

Richard mengatakan memang banyak tantangan yang dihadapi dalam pembangunan smelter ini. Ia menyebutkan di antaranya COVID-19 yang mempengaruhi pekerja, masalah rantai pasokan karena pandemi, dan dampak lainnya.

"Kami akan melakukannya secepat mungkin dengan bertanggung jawab dan aman," lanjutnya.

Sebagai informasi, pada bulan lalu Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah resmi melakukan groundbreaking pembangunan smelter PT Freeport Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik. Smelter ini bisa memproses 1,7 juta ton konsentrat tembaga per tahun.

"Kita mendapatkan laporan bahwa smelter yang akan dibangun ini dengan desain single line ini terbesar di dunia karena mampu mengolah 1,7 juta ton konsentrat tembaga per tahun," kata Jokowi saat sambutan yang dilihat detikcom di YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (12/10/2021).

Jokowi berharap dibangunnya smelter ini menjadi daya tarik industri lain untuk masuk. Sehingga, bisa menumbuhkan ekonomi di Indonesia.

"Saya berharap kehadiran PT Freeport Indonesia di kawasan ekonomi khusus di Gresik ini akan menjadi daya tarik bagi industri-industri lain untuk masuk ke sini khususnya industri turunan tembaga untuk ikut berinvestasi di sini," tambah Jokowi.

Lihat Video: Dukungan Freeport pada Tranformasi Ekonomi RI

[Gambas:Video 20detik]




(das/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT