ESDM Umumkan Pemenang West Kampar, 4 Blok Migas Lain Nyusul Dilelang

ADVERTISEMENT

ESDM Umumkan Pemenang West Kampar, 4 Blok Migas Lain Nyusul Dilelang

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 23 Nov 2022 17:30 WIB
Pertamina akan mengelola Blok Rokan, blok migas yang disebut-sebut terbesar di Indonesia. Di dunia, ada sederet blok migas terbesar juga lho. Ini daftarnya.
Ilustrasi/Foto: Istimewa
Badung -

Kementerian ESDM mengumumkan pemenang lelang wilayah kerja (WK) migas West Kampar. West Kampar terletak di perairan Sumatera Utara dan Riau.

Potensi sumber daya dari WK West Kampar kurang lebih 130 Million Barrels of Oil (MMBO). Pengumuman ini dilakukan di sela-sela acara The 3rd International Convention on Indonesian Upstream Oil and Gas 2022, di Nusa Dua, Bali.

Dirjen Migas Kementerian ESDM Tutuka Ariadji menjelaskan konsorsium PT Aserra Petrolindo dan SPR Langgak menjadi pemenang lelang WK West Kampar. Tutuka berharap WK West Kampar dapat berkontribusi meningkatkan produksi migas di Indonesia.

"Saya akan umumkan pemenang wilayah kerja West Kampar. Ucapkan selamat kepada konsorsium PT Aserra Petrolindo Gemilang dan PT SPR Langgak," ujar Tutuka dalam agenda yang dihelat di Bali Nusa Dua Convention Center, Bali, Rabu (23/11/2022).

Konsorsium pemenang mendapatkan komitmen pasti US$ 32.559.982 atau Rp 507,9 miliar (kurs Rp 15.600). Konsorsium juga akan mendapatkan bonus tanda tangan US$ 250.000 atau Rp 3,9 miliar.

Dalam kesempatan yang sama, Tutuka juga mengumumkan pengajuan tiga penawaran lelang langsung yakni WK Blok Sangkar, WK Blok Bunga, dan WK Blok Peri Mahakam. Kemudian untuk satu WK lelang reguler berada di WK Bose.

Blok Sangkar merupakan blok eksplorasi dengan estimasi cadangan gas sebesar 300 BCF dan minyak sebesar 130 MMBO. Blok Sangkar terletak di lepas pantai Gresik dengan luas 8.122 kilometer (km) persegi.

Kedua, Blok Bunga yang ada di sisi laut jawa Timur dengan luas area 8.500 kilometer persegi. Blok eksplorasi ini terletak di lepas pantai dengan estimasi cadangan minyak dan gas mencapai 1.300 MMBOE.

Ketiga, Blok Peri Mahakam yang terletak di Kalimantan Timur. Blok eksplorasi ini memiliki potensi minyak dan gas sebesar 1.300 MMBO.

Keempat, Blok Bose dengan potensi cadangan minyak mencapai 1.000 MMBO. Blok eksplorasi ini terletak di lepas pantai nusa tenggara timur berdekatan dengan pulau Rote.

Untuk Blok Sangkar, Bunga dan Peri Mahakam ESDM membuka lelang hingga 10 Januari 2023. Sedangkan untuk lapangan Bose lelang dibuka hingga 24 Maret 2023.

(hal/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT