Ganjar Mau Grebek Tambang Ilegal yang Bekingnya Ngeri

ADVERTISEMENT

Ganjar Mau Grebek Tambang Ilegal yang Bekingnya Ngeri

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 29 Nov 2022 11:34 WIB
Ganjar Pranowo
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo/Foto: Istimewa
Jakarta -

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akan membuat desk laporan pengaduan masyarakat untuk mengatasi persoalan tambang ilegal. Bahkan, Ganjar akan menggrebek tambang pasir ilegal di Klaten, Jawa Tengah.

Hal itu menjadi keputusan rapat koordinasi yang digelar dengan peserta dari kabupaten/kota.

"Saya usul konkret saja, kita kasih nomor handphone untuk melaporkan, setelah itu kita grebek bareng-bareng," kata Ganjar dalam potongan video yang diunggah di akun Twitternya seperti dikutip detikcom, Selasa (29/11/2022).

Selanjutnya, Ganjar memberikan tugas kepada Dinas ESDM untuk memberikan pendampingan. Dia mengatakan, pihaknya akan mencari jalan keluar untuk mengatasi persoalan tambang ilegal.

"Kita kasih batas waktu, tugas saya dari ESDM mendampingi. Tugas ESDM di kabupaten/kota mendampingi, untuk dilakukan semacam pemutihan dan kita carikan jalan keluar, berani nggak kita terbuka, kita tata, bukan nggak boleh, kita tata, wong kita butuh kok, saya membayangkan daerah yang dieksploitasi itu desanya maju karena dia akan mendapatkan kick back, kick back-nya apa? Legal," paparnya.

Menurut Ganjar, jika tidak ada jalan keluar maka persoalan ini akan terus berlanjut. Meski, ia mengakui penyelesaian tambang ilegal ini tidak bisa instan.

"Tanpa itu dilakukan, ini akan berulang terus menerus dan nggak akan pernah selesai. Tapi tentu saja kita tidak bisa tutup seeet, kita mesti siapkan transisinya, transformasinya, edukasinya. Kita punya nawaitu, niatan yang baik untuk menata, tidak untuk menyulitkan, tapi untuk membikin semua teratur," terangnya.

Persoalan tambang ilegal ini menjadi topik yang hangat usai Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyebut adanya beking yang mengerikan dalam cuitannya. Cuitan itu untuk merespons netizen yang mengeluh adanya tambang pasir ilegal di Klaten, Jawa Tengah.

"Maka kalau kemarin Wali Kota Solo teriak keras, 'Wah ini ngeri backup-nya', wah netizen kemudian berteriak, maka forum hari ini menurut saya menjadi penting," ujar Ganjar.

Simak juga Video: Ismail Bolong Diburu, Kapolri: Tim Kaltim & Mabes Sedang Mencari

[Gambas:Video 20detik]




(acd/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT