Pipa PLTMH di Garut Jebol, Pasokan Listrik Aman?

ADVERTISEMENT

Pipa PLTMH di Garut Jebol, Pasokan Listrik Aman?

Hakim Ghani - detikFinance
Rabu, 30 Nov 2022 12:10 WIB
Kondisi PLTM di Bungbulang, Garut yang jebol
Foto: istimewa
Jakarta -

Insiden pipa air penyokong Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) jebol terjadi di Garut, Jawa Barat. Kejadian itu terjadi di PLTMH Cirompang yang terletak di Kecamatan Bungbulang, Garut.

Kejadian terjadi pada Selasa 29 Agustus kemarin. Kejadian ini sempat menyita perhatian publik, pasalnya akibat jebolnya pipa tersebut, air bertekanan tinggi menyembur ke langit hingga membuat sebuah bangunan di dekatnya porak-poranda.

Detik-detik saat kejadian itu berlangsung sempat terekam dalam sejumlah video amatir yang direkam warga setempat dan videonya pun tersebar di lini masa.

Pihak penanggungjawab PLTMH Cirompang, PT Tirta Jabar menyebut jika pecahnya pipa air tersebut dikarenakan pergeseran tanah. Dirut PT Tirta Jabar M Dawam mengatakan, kerusakan yang terjadi pada pipa air akan segera diperbaiki.

"Manhole pipa penstock PLTM milik PT Tirta Jabar di Cirompang pecah akibat pergeseran tanah. Mudah-mudahan kami bisa segera memperbaiki agar PLTM Cirompang bisa kembali menyuplai listrik ke PLN," kata Dawam dikutip dari detikJabar, Rabu (30/11/2022).

Akibat kejadian tersebut, atap baja sebuah power house yang ada di lokasi porak-poranda. Kendati demikian, pihaknya memastikan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Kelistrikan Garut Aman
Meskipun kejadian ini menghambat operasional PLTMH Cirompang, PLN menjamin listrik bagi masyarakat Garut tak akan terdampak.

"Aliran listrik tidak terdampak. Supply listrik tetap lancar ke masyarakat," kata Said Haryadi, Manajer Bagian Jaringan PLN UP3 Garut.

Artikel ini juga sudah tayang di detikjabar. Selengkapnya bisa dibaca di sini



Simak Video "Mahasiswa Bali Bikin PLTMH untuk Aliri Listrik Penerangan Jalan"
[Gambas:Video 20detik]
(hal/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT