Jokowi Beberkan Manfaat Hilirisasi, RI Bisa Untung Puluhan Kali Lipat!

ADVERTISEMENT

Jokowi Beberkan Manfaat Hilirisasi, RI Bisa Untung Puluhan Kali Lipat!

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 02 Des 2022 20:30 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Presiden Joko Widodo (Foto: Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Program hilirisasi berhasil memberi nilai tambah bagi Indonesia. Menurut Presiden Joko Widodo (Jokowi) hilirisasi Nikel berhasil menciptakan nilai tambah dari tadinya Rp 18 triliun menjadi lebih dari Rp 320 triliun setelah hilirisasi.

"Ini bolak balik saya ceritakan. Dulu US$ 1,1 miliar jual nikel mentah, atau Rp 18 triliun. Sekarang lebih dari Rp 320 triliun, 18 kali lipat," kata Jokowi dalam Rapimnas KADIN 2022 di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (2/12/2022).

Bahkan menurutnya, Indonesia bisa mendapatkan lebih banyak pendapatan dari hilirisasi. Apalagi Indonesia akan mengembangkan industri baterai kendaraan listrik, dengan bahan baku yang sudah tersedia.

Melalui industri baterai kendaraan listrik dan pengembangan hilirisasi, Jokowi menyebut Indonesia bisa mendapatkan untung berpuluh-puluh kali lipat.

"Itu hanya urusan nikel mentah jadi stainless steel. Belum kalau jadi EV baterai, kalau jadi mobil atau pesawat, industrinya ada di sini, saya nggak tahu berapa puluh kali lipat," tegasya.

Potensi energi bersih Indonesia disebut Jokowi cukup besar. Ia ingin produk yang dihasilkan Indonesia adalah produk-produk premium.

Apalagi, bahan baku pembuatan kendaraan listrik sudah tersedia. Contohnya, nikel, bauksit, tembaga, hingga timah. Menurut Jokowi, hanya litium yang belum dimiliki Indonesia.

Jokowi pun menyebut sudah membisiki Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese untuk bekerja sama. Jokowi sendiri optimis Indonesia bakal menjadi penyuplai 60% baterai kendaraan listrik dunia.

"Kurang satu, lithium. Ada di mana barang ini? di Australia. Saat G20 saya sampaikan, saya bisiki lagi pada Perdana Menteri Albanese, bahwa kita harus bekerja sama," ujarnya.

(acd/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT