Terdampak Erupsi Semeru, 116 Gardu Listrik Sudah Nyala Lagi

ADVERTISEMENT

Terdampak Erupsi Semeru, 116 Gardu Listrik Sudah Nyala Lagi

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Senin, 05 Des 2022 10:43 WIB
Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, kembali erupsi hingga memuntahkan awan panas, Minggu (4/12). Saat ini awan panas itu telah menerjang Jembatan Gladak Perak.
Foto: Antara Foto/Dok BNPB
Jakarta -

Bencana erupsi Gunung Semeru pada Sabtu kemarin sempat membuat pasokan listrik terganggu hingga berujung pada pemadaman. Kini, dari total 121 gardu yang terdampak, 116 gardu telah berhasil dipulihkan.

PT PLN (Persero) terus berupaya mengerahkan petugas dan berbagai peralatan kerja untuk pulihkan jaringan kelistrikan pasca erupsi Gunung Semeru.

Setelah berhasil mengalihkan tegangan listrik dari Penyulang Pronojiwo ke penyulang Ampelgading Kabupaten Malang pada pukul 19.30 WIB pada hari Minggu kemarin, secara bertahap PLN melakukan penormalan gardu-gardu distribusi yang terdampak.

Kemudian, hingga pukul 21.24 WIB, dengan didukung 29 personil gabungan, Tim PLN telah berhasil memulihkan pasokan listrik sebanyak 116 gardu distribusi dari 121 gardu yang sebelumnya terdampak. Pasokan listrik ke 28.917 pelanggan kembali normal.

Informasi tersebut disampaikan oleh GM PLN UID Jawa Timur Lasiran. Sementara untuk 5 gardu lainnya, masih dalam kondisi padam dikarenakan area tersebut mengalami dampak erupsi yang cukup parah, sehingga masih menunggu situasi dan kondisi yang lebih kondusif.

"Hingga petang tadi, kami telah berhasil melakukan manuver jaringan Penyulang Pronojiwo sehingga pasokan listrik bisa terdistribusi di wilayah yang memungkinkan dan sudah dinyatakan aman." terang Lasiran, dalam keterangan tertulis, dikutip Senin (5/12/2022).

Sebagai tambahan informasi, beberapa wilayah pengungsian yang tersebar di Candipuro maupun Pronojiwo dipastikan jaringan listriknya dalam kondisi aman, dan dapat digunakan untuk melayani masyarakat yang terdampak erupsi.

Selain itu, untuk meringankan beban masyarakat di posko-posko pengungsian yang sudah mulai dipersiapkan Pemerintah Kabupaten Lumajang, Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN mengerahkan 1 unit ambulance, 1.000 pcs masker, 250 paket makanan siap saji, dan 500 paket makanan dari Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN di posko pengungsian. Selain itu terdapat 3 (tiga) unit genset mobile yang dipersiapkan PLN untuk menunjang kebutuhan masyarakat.

(das/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT