Jajaran SKK Migas Dirombak, Wakil Kepala Diganti Nanang Abdul Manaf

ADVERTISEMENT

Jajaran SKK Migas Dirombak, Wakil Kepala Diganti Nanang Abdul Manaf

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 05 Des 2022 11:12 WIB
SKK Migas
Foto: Fadhly F Rachman
Jakarta -

Kementerian ESDM melakukan perombakan pada jajaran pejabat di Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi atau SKK Migas. Hal ini dilakukan seiring dengan habisnya masa jabatan jajaran SKK Migas sebelumnya di 29 November 2022.

Kepala SKK Migas masih dijabat oleh Dwi Soetjipto. Sementara itu, posisi Wakil Kepala SKK Migas mengalami perubahan.

Posisi Wakil Kepala SKK Migas sebelumnya dijabat oleh Fatar Yani Abdurrahman, namun kini posisi tersebut dijabat oleh Nanang Abdul Manaf. Nanang sebelumnya menjabat sebagai Tenaga Ahli Komisi Pengawas Bidang Operasi SKK Migas. Nanang juga dikenal luas sebagai Direktur Utama PT Pertamina EP, unit eksplorasi migas dari Pertamina.

Prosesi pelantikan tersebut dilakukan pada hari ini di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Senin (5/12/2022). Menteri ESDM Arifin Tasrif menjelaskan SKK Migas melakukan perampingan jabatan di jajaran terbaru yang dilantik hari ini.

Perubahan dilakukan dengan perubahan jajaran deputi dari 5 menjadi 4 deputi. Sementara itu ada perubahan jumlah divisi dari sebelumnya 23 menjadi 23 divisi.

"Pelantikan pimpinan SKK Migas baru dikarenakan masa kerja jabatan yang berakhir di 29 November 2022 dan sebagai implementasi Permen ESDM no 2 2022 tentang Tata Kerja SKK Migas, pengisian pimpinan SKK Migas alami perubahan berdasarkan sidang komisi pengawas SKK Migas, dan dalam rangka penyegaran dan dalam rangka peningkatan kinerja organisasi," ujar Arifin pada saat melakukan pelantikan yang juga disiarkan virtual.

Perombakan jajaran SKK Migas ini dilakukan dengan dasar Keputusan Presiden nomor 51/M tahun 2022 dan Keputusan Menteri ESDM nomor 284.k/kp.05/MEM.S/2022.

Beberapa nama baru lainnya juga muncul di jajaran SKK Migas, ada Kurnia Chairi eks Direktur di Ditjen Anggaran Kementerian Keuangan yang jadi Deputi Keuangan. Ada juga Eko Indra Heri yang sebelumnya menjadi Pati Bareskrim Polri menjadi Pengawas Internal di SKK Migas.

Berikut ini jajaran SKK Migas baru yang dilantik hari ini:
1. Dwi Soetjipto - Kepala SKK Migas
2. Nanang Abdul Manaf - Wakil Kepala SKK Migas
3. Shinta Damayanti - Sekretaris SKK Migas
4. Irjen (Purn) Eko Indra Heri - Pengawas Internal SKK Migas
5. Benny Lubiantara - Deputi Eksplorasi Pengembangan dan Manajemen Wilayah Kerja SKK Migas
6. Wahju Wibowo - Deputi Eksploitasi SKK Migas
7. Kurnia Chairi - Deputi Keuangan dan Komersialisasi SKK Migas
8. Rudi Satwiko - Deputi Dukungan Bisnis SKK Migas

(hal/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT