Jember Gempa, Pasokan LPG dan BBM Aman Nggak?

ADVERTISEMENT

Jember Gempa, Pasokan LPG dan BBM Aman Nggak?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 06 Des 2022 17:50 WIB
Peserta mengikuti kompetisi berkendara aman untuk sopir truk tangki BBM di Area Parkir Sirkuit Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (22/2/2020). Kompetisi yang diselenggarakan anak perusahaan PT Pertamina (Persero) yaitu PT Elnusa Tbk yang diikuti 22 peserta dalam rangka bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Nasional tersebut sebagai salah satu upaya meningkatkan kemampuan dan keahlian dalam mengemudi yang aman dan selamat bagi supir truk tangki BBM. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/aww.
Pertamina menjamin pasokan BBM dan LPG di Jember amanFoto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Jember diguncang gempa magnitudo (M) 6,2. Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), sejumlah wilayah merasakan dampak gempa ini.

Pertamina menjamin meskipun gempa terjadi, suplai dan penyaluran BBM dan LPG masih berjalan normal.

"Suplai dan penyaluran BBM dan LPG berjalan normal," ungkap Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting kepada detikcom, Selasa (6/12/2022).

Irto juga menegaskan semua fasilitas Pertamina di Jember dsn sekitarnya masih dalam kondisi aman dan beroperasi secara normal.

"Informasi sementara fasilitas masih dalam kondisi aman dan beroperasi," kata Irto.

Gempa M 6,2 ini terjadi pada pukul 13.07.48 WIB. Titik koordinat gempa berada di 10,75 LS dan 133,42 BT. Gempa berpusat di laut 284 km barat daya Jember dengan titik kedalaman 10 km.

BMKG mencatat sejumlah wilayah merasakan gempa ini. Masing-masing dengan skala intensitas III Jember, III Gubuk Mas, III Mataram, III Kepanjen, III Sumber Pucung, II Madiun, II Ponorogo, II-III Kuta, II-III Kuta Selatan, II Bantul, II Yogyakarta, II Sawahan, II Klaten, II Banyuwangi, dan II Karangasem.

Gempa dengan skala intensitas II-III MMI berarti getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang hingga getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

BMKG melaporkan gempa M 6,2 ini tidak berpotensi tsunami. BMKG mengimbau masyarakat berhati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi.

Simak video '5 Kali Gempa Susulan Guncang Jember Usai Gempa M 6,2':

[Gambas:Video 20detik]



(hal/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT