Kapan Subsidi Kendaraan Listrik Diketok? Menteri ESDM: Sebentar Lagi, Sabar!

ADVERTISEMENT

Kapan Subsidi Kendaraan Listrik Diketok? Menteri ESDM: Sebentar Lagi, Sabar!

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 13 Jan 2023 15:27 WIB
Ilustrasi mobil listrik
Foto: Getty Images/iStockphoto/Tramino
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat membahas ekosistem kendaraan listrik hari ini. Salah satu poin yang dibahas ialah mengenai insentif atau subsidi kendaraan listrik.

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengaku, insentif kendaraan listrik dibahas dalam rapat. Dia mengatakan, akan ada keputusan terkait insentif kendaraan listrik.

"Sebentar lagi lah, sabar," kata Arifin di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (13/1/2023).

Dalam rapat tersebut, Arifin mengatakan, juga dibahas mengenai strategi pemerintah dalam memanfaatkan sumber daya alam dan pengembangan industri.

"Iya (rapat ekosistem kendaraan listrik), yang dibahas mengenai strategi kita bagaimana kita bisa memanfaatkan sumber alam kita untuk bisa menghasilkan industri yang besar dan memberikan nilai tambah yang banyak, ekspor oriented nilai tambah yang paling optimal," paparnya.

Sebelumnya, Arifin mengusulkan agar subsidi diberikan untuk konversi dari motor BBM ke motor listrik. Ia meyakini dengan skema itu akan mengurangi penggunaan BBM hingga mengurangi subsidi.

Dia juga menyebut motor konvensional sendiri banyak dipakai masyarakat bahkan sampai ke pelosok-pelosok.

"Kalau ESDM sendiri, kita majunya ke konversi motor tua aja, karena ini yang bisa mengurangi BBM, mengurangi emisi, dan manfaatnya juga. Motor tua ini kan banyak dipakai masyarakat di pelosok-pelosok. Sehingga mereka juga bisa menghemat biaya energinya. Kita juga melihat bengkel-bengkel, UKM bisa hidup. Kalau pabrikan besar, situ-situ aja," jelasnya.

(acd/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT