Luhut: Peran Bupati di Daerah Sangat Penting, Jangan Persulit Izin!

ADVERTISEMENT

Luhut: Peran Bupati di Daerah Sangat Penting, Jangan Persulit Izin!

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 17 Jan 2023 13:48 WIB
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan/Foto: KEMENKO MARVES
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta pemerintah daerah tidak mempersulit perizinan pelaku usaha yang hendak berinvestasi di daerahnya. Hal ini terkait investasi di sektor hilirisasi.

"Realisasi investasi ini difokuskan pemberian izin dan fasilitas (tax holiday dan masterlist) agar semua berjalan dengan bagus. Peran bupati di daerah itu sangat penting, jadi jangan mempersulit atau membuat sulit masalah izin-izin di daerah," kata Luhut dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) se-Indonesia, Selasa (17/1/2023).

Seperti diketahui, saat ini Indonesia sedang giat menggencarkan investasi di sektor hilirisasi. Luhut menyampaikan sudah sepatutnya kepala-kepala daerah bahu-membahu membangun kepercayaan investor dengan baik.

"Saya sedang berada di Davos ikut World Economic Forum itu juga mengapresiasi sangat mengenai apa yang terjadi di Indonesia. Saya ingin mengajak teman-teman semua ayo kita bersatu padu, bahu-membahu membangun ekosistem, membangun kepercayaan untuk kita bisa menerima investor itu dengan baik," tuturnya.

Luhut mencontohkan salah satu proyek besar di Kalimantan Utara dengan nilai investasi mencapai US$ 30 miliar lebih. Dia mau semua itu bisa dieksekusi pada tahun ini.

Pemerintah pun mengeluarkan kebijakan investasi dan insentif yang didorong untuk menciptakan ekosistem industri yang komprehensif dan berdaya saing tinggi.

"Itu pekerjaan tidak mudah, sangat bergantung kepada kita semua," ucapnya.



Simak Video "Luhut: Begitu Hebatnya Saya Kata Orang, Tapi Saya Tak Berdaya Tanpa..."
[Gambas:Video 20detik]
(aid/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT