RI Mau Geber Energi Bersih, Swasta Bantu Siapkan Tenaga Kerjanya

ADVERTISEMENT

RI Mau Geber Energi Bersih, Swasta Bantu Siapkan Tenaga Kerjanya

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Rabu, 18 Jan 2023 10:15 WIB
Pemasangan Panel Surya
Foto: Energi Baru Terbarukan (Istimewa)
Jakarta -

Potensi pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT) telah mendorong perkembangan industri energi baru terbarukan di Indonesia. Menurut Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM), potensi energi surya di Indonesia bisa mencapai 3.295 GW yang pemanfaatannya hingga saat ini masih sangat kecil, yaitu 260 MWp.

Proses transisi energi di masa depan ini membutuhkan koordinasi antar pemerintahan, serta kolaborasi dengan berbagai sektor. Salah satunya adalah kesiapan sumber daya manusia (SDM) menghadapi perkembangan industri energi terbarukan di masa mendatang.

Dilansir dari siaran berita Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bulan Februari 2022, KESDM tengah menyiapkan sumber daya manusia untuk memenuhi kebutuhan industri, usaha, dan penelitian. Kurikulum perlu diubah dan opsi memilih mata pelajaran Energi Terbarukan mampu menangkap perubahan dan perkembangan EBT yang sangat pesat.

Guna mendukung upaya pemerintah dalam mempersiapkan SDM yang berkualitas dan siap kerja di industri energi surya, Yayasan Sinar Utama Nusantara (Yayasan SUN) bersama Djarum Foundation menginisiasi sebuah program edukasi berupa pelatihan Teknisi Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) bagi siswa SMK.
Yayasan SUN merancang modul pelatihan selama satu tahun penuh yang meliputi pertemuan tatap muka, daring, praktik, serta magang.

"Pelatihan ini kami lakukan guna menyiapkan tenaga terampil sebagai teknisi pemasangan panel surya atap yang saat ini banyak dibutuhkan. Kerjasama dengan Grup SUN ini memungkinkan guru dan siswa untuk praktek menggunakan peralatan yang sesuai dengan standar industri serta dibimbing oleh tenaga profesional yang kompeten di bidangnya," ungkap Galuh Paskamagma selaku Program Officer Bakti Pendidikan Djarum Foundation.

Program pelatihan teknisi PLTS ini telah berlangsung selama satu tahun mulai dari Januari 2022 hingga Januari 2023 bertempat di SMK Wisudha Karya, Kudus dan meluluskan sebanyak 131 siswa serta 2 orang guru. Materi pelatihan mencakup teori, praktikum, dan simulasi mengenai sistem energi surya, seperti pengetahuan dasar energi terbarukan, manfaat energi surya, cara kerja, cara instalasi dan pengoperasian, hingga pemeliharaan sistem PLTS.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT