Data Kemenhub: 97% BBM 'Diminum' Motor & Mobil Pribadi

ADVERTISEMENT

Data Kemenhub: 97% BBM 'Diminum' Motor & Mobil Pribadi

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 20 Jan 2023 22:27 WIB
Harga Pertamax cs resmi turun per siang ini, Selasa (31/12/2022). Hal itu membuat animo masyarakat begitu tinggi hingga membuat antrean di SPBU.
Ilustrasi/Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Kementerian Perhubungan mengungkapkan fakta mengejutkan. Dirjen Perhubungan Darat Hendro Sugiatno memaparkan konsumsi BBM di Indonesia didominasi oleh kendaraan pribadi.

Dalam catatan Hendro konsumsi BBM kendaraan pribadi baik motor maupun mobil berkontribusi 97% dalam penggunaan BBM secara nasional. Hal ini terjadi karena dominasi pergerakan masyarakat yang masih dilayani oleh kendaraan pribadi dibandingkan angkutan umum.

"Saat ini konsumsi BBM didominasi oleh kendaraan pribadi, baik kendaraan roda dua maupun roda empat yang mencapai 97%," ujar Hendro dalam keterangan tertulis, Jumat (20/1/2023).

Hendro melanjutkan dengan kenaikan harga BBM pada beberapa waktu lalu, kehadiran angkutan umum dinilai mampu menyiasati kenaikan harga BBM terhadap ongkos perjalanan masyarakat. Pihaknya pun mendorong agar seluruh lapisan masyarakat dan pemangku kepentingan untuk semakin aktif menggunakan angkutan umum.

"Pemerintah mendorong penggunaan angkutan umum di wilayah perkotaan di seluruh Indonesia melalui pengembangan bus rapid transit (BRT) dengan skema buy the service (BTS). Adapun skema BTS ini hadir dengan tujuan untuk memberikan stimulus pengembangan angkutan penumpang umum perkotaan, meningkatkan minat penggunaan angkutan umum, serta untuk memberikan kemudahan mobilitas masyarakat di kawasan perkotaan," papar Hendro.

Bersambung ke halaman berikutnya. Langsung klik

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT