Investasi Rp 246 M, Perusahaan Suami Puan Resmi Garap Blok Migas Jabung Tengah

ADVERTISEMENT

Investasi Rp 246 M, Perusahaan Suami Puan Resmi Garap Blok Migas Jabung Tengah

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 25 Jan 2023 15:11 WIB
Ilustrasi sektor migas
Foto: Ilustrasi Migas (Fauzan Kamil/Infografis detikcom)
Jakarta -

Kementerian ESDM hari ini resmi melakukan dua penandatanganan kontrak kerja sama wilayah kerja minyak dan gas (migas). Salah satu di antaranya adalah wilayah kerja Jabung Tengah yang mencakup Provinsi Riau, Jambi, dan Kepulauan Riau.

Kontraktor yang akan menggarap wilayah kerja tersebut adalah PT Cipta Niaga Gemilang dan PT Raharja Energi Sentosa yang merupakan bagian PT Rukun Raharja, perusahaan milik suami Ketua DPR Puan Maharani.

"Wilayah kerja Jabung Tengah berlokasi di offshore dan onshore provinsi Riau, Jambi, dan Kepulauan Riau. Dengan kontraktor Cipta Niaga Gemilang dan Raharja Energi Sentosa, di mana Cipta Niaga Gemilang ditunjuk menjadj operator," papar Dirjen Migas Tutuka Ariadji dalam seremonial penandatanganan kontrak yang disiarkan virtual, Rabu (25/1/2023).

Diperkirakan estimasi sumber daya minyak dan gas bumi di WK Jabung Tengah sebesar 200 MMBOE. "Perkiraan sumber daya kurang lebih 200 juta barel minyak ekuivalen," sebutnya.

Total investasi yang akan dilakukan di Jabung Tengah sebesar US$ 16,65 juta atau sekitar Rp 246,42 miliar (kurs Rp 14.800) dan juga bonus tanda tangan US$ 150 ribu.

"Komitmen pasti eksplorasi 3 studi G and G, akuisisi dan processing seismik 2D 500 kilometer, dan pengeboran sumur eksplorasi," ungkap Tutuka.

Dalam catatan detikcom, PT Rukun Raharja Tbk merupakan perusahaan terbuka dengan kode saham RAJA. Dikutip dari situs resminya, RAJA merupakan perusahaan penyedia energi terintegrasi dari hulu ke hilir yang berdiri pada 24 Desember 1993. Salah satu pemegang saham RAJA diketahui adalah suami Puan Maharani, Happy Hapsoro.

Melansir dari RTI, Hapsoro menjadi pemegang saham dengan kepemilikan 28,51%, lalu Sentosa Bersama Mitra 32,12%, PT Basis Utama Prima 12,22%, masyarakat 27,14%.

WK West Kampar
Selain WK Jabung Tengah, Kementerian ESDM juga melakukan penandatanganan WK West Kampar yang terletak di perairan Sumatera Utara dan Riau. Potensi sumber daya dari WK West Kampar kurang lebih 130 MMBO.

Kontraktor yang akan menggarap West Kampar adalah PT APG Westkampar Indonesia dan juga PT SPRL West Kampar.

Total investasi yang akan dilakukan di West Kampar sebesar US$ 32,55 juta dan bonus tanda tangan sebesar US$ 250 ribu.

Lihat juga video 'Subsidi BBM Membengkak, BPH Migas Akan Perketat Penyalurannya':

[Gambas:Video 20detik]



(hal/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT