ADVERTISEMENT

Pesan Penting Menkop UKM buat BPR & BPRS

Tim detikcom - detikFinance
Selasa, 31 Mei 2022 13:31 WIB
Menkop Teten Masduki
Foto: Kemenkop UKM: Menko UKM Teten Masduki
Jakarta -

Memasuki triwulan 1-2022 industri BPR-BPRS mencatatkan kinerja positif. Hal tersebut terungkap dari data yang dirilis oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) belum lama ini.

Kondisi tersebut membuat prospek industri BPR-BPRS semakin cerah. Dengan penghimpunan dan penyaluran dana BPR-BPRS yang cukup positif di mana dana pihak ketiga (DPK) meningkat 11, 40% (yoy) dan kredit atau pembiayaan sebesar 8,25% (yoy) membuat BPR-BPRS bisa terus memberikan sumbangsihnya untuk mendorong pelaku UMKM di Tanah Air.

Di tengah optimisme terhadap kinerja industri BPR-BPRS, dukungan dan harapan pun mengalir dari berbagai pihak agar BPR-BPRS bisa terus menunjukkan eksistensi dan komitmennya sebagai bank fokus memberdayakan masyarakat UMKM di Indonesia. Dukungan tersebut datang salah satunya dari Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Teten Masduki.

Terkait dengan Hari BPR-BPRS Nasional, Teten menaruh harapan besar bahwa industri BPR-BPRS tetap menjadi yang terdepan dalam melayani pelaku UMKM.

"Selamat Hari BPR-BPRS Nasional, semoga industri Bank Perkreditan Rakyat dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah dapat terus menjadi garda terdepan dalam melayani para pelaku UMKM di Tanah Air sekaligus hadir di tengah masyarakat dalam mewujudkan ekonomi kerakyatan," ucap Teten dalam video rilis dalam rangka Hari BPR-BPRS Nasional 2022 yang diperingati tanggal 21 Mei, dikutip dari keterangan tertulis, Selasa (31/5/2022)

Sementara itu Ketua Umum Perbarindo Joko Suyanto merasa bersyukur karena pandemi sudah jauh melanda, aktivitas masyarakat juga bisa terus meningkat dan ekonomi bisa terus menggeliat sehingga BPR-BPRS kembali bangkit.

"Semoga momentum Hari BPR-BPRS Nasional memberikan energi positif dan spirit untuk terus berjuang serta berkarya dalam melayani masyarakat di tengah beragamnya tantangan yang dihadapi industri. Mari terus rapatkan barisan, mempererat kebersamaan, memperkuat inovasi, sinergi dan optimisme untuk meningkatkan kontribusi BPR-BPRS dalam pemulihan ekonomi nasional," kata Joko dalam sambutannya di Hari BPR-BPRS Nasional 2022.

(hns/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT