Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 02 Jul 2019 11:01 WIB

Liputan Khusus Pinjol Uang Sekolah

Pinjam Online Buat Bayar Sekolah, Berapa Bunganya?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Ilustrasi Uang Sekolah (Tim Infografis: Zaki Alfarabi & Mindra Purnomo) Foto: Ilustrasi Uang Sekolah (Tim Infografis: Zaki Alfarabi & Mindra Purnomo)
Jakarta - Bayar sekolah makin mahal, pinjaman online (pinjol) muncul menjadi salah satu alternatif. Terlebih lagi kini mulai banyak penyedia pinjol yang mulai mengkhususkan diri membiayai pinjaman pendidikan.

Bukan cuma khusus untuk biaya pendidikan saja, layanan-layanan ini pun memberikan bunga pinjaman yang cukup rendah perbulannya. Seperti Pintek salah satunya, fintech yang satu ini menawarkan bunga pinjaman mulai dari 0% hingga 1,5% perbulannya.

"Bunga 0-1,5% perbulan flat, kita sudah ada kerja sama dengan 70 lembaga pendidikan. Keuntungannya kalau belajar di partner kita, kita sudah nego jadi biaya bisa lebih rendah, bahkan bunganya sampe 0% perbulan," kata Tommy Yuwono Co Founder Pintek saat dihubungi detikFinance belum lama ini.


Tenor alias masa pembayaran yang ditawarkan oleh Pintek beragam, mulai 6 hingga 24 bulan sesuai dengan masa belajar si peminjam.

"Tenor sesuai masa belajarnya misalnya buat semesteran ya 6 bulan, tapi maksimal banget itu 24 bulan. Pembayaran dicicil tiap bulan sampe lunas," kata Tommy.

Lain lagi dengan Dana Didik, fintech yang satu ini memberikan tenor lebih panjang bagi para peminjam, maksimal tenor yang diberikan hingga 4 tahun. Bunga yang ditawarkan sekitar 1,75% per bulan.

"Kita kasih tenor 2 tahun sebelum dan 2 tahun sesudah lulus, bunga kita flat 1,75% per bulan alias 20% per tahun," ungkap Head of Marketing Dana Didik Nur Laila saat berbincang detikFinance.

Dana Didik sendiri memang hanya menawarkan pinjaman untuk mahasiswa pendidikan tinggi. Minimal untuk mengajukan pinjaman ke Dana Didik peminjam sudah masuk ke semester 4.

"Minimal peminjaman itu di semester 4, kalau semester 4 juga kan sudah fokus ya kuliahnya. Belum lagi kalau liat 4 tahun total tenornya, bayarnya perbulan, bisa dibayar sebulan setelah pinjamannya cair," ungkap Nur Laila.

Terakhir ada Dana Cita, bunga yang ditawarkan fintech yang satu ini mulai dari 1% hingga 1,75% per bulan. Tenor yang ditawarkan mulai dari 12 hingga 24 bulan.

"Jangka waktu pinjaman yang diberikan dapat mencapai 12 bulan untuk kebutuhan biaya satu semester, atau lebih panjang hingga 24 bulan untuk kebutuhan pembiayaan tertentu, seperti uang pangkal," kata Co Founder Dana Cita Susli Lie kepada detikFinance.


Bagi yang berminat melakukan pinjaman online sangat lah mudah caranya. Calon peminjam tinggal mendaftarkan diri di website masing-masing pinjol, melakukan pendaftaran dan verifikasi hingga akhirnya bisa mengajukan pinjaman.

Berkas wajib yang harus disiapkan hanya KTP dan Kartu Keluarga. Sisanya tinggal mengikuti kebijakan masing-masing fintech, biasanya fintech akan meminta slip gaji juga dan bukti biaya pendidikan yang akan dipinjam.

Simak Video "Lenggak-lenggok Sri Mulyani Tirukan Gerakan Tarian Anak STAN"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed