Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 18 Agu 2019 20:15 WIB

Kepala BKPM Bagi-bagi Tips Bikin Startup yang Langgeng

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kepala BKPM Thomas Trikasih Lembong Foto: Rengga Sancaya Kepala BKPM Thomas Trikasih Lembong Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong di depan para pegiat ekonomi digital menyampaikan tips-tipsnya untuk memulai usaha startup.

Thomas memulai tipsnya dengan gurauan. Dia bergurau salah satu tips yang mudah dapat pendanaan adalah dengan meminjam kartu kredit para menteri.

"Mungkin mulai dari lebih gampang tips dapat duit dari investor, satu cara yang mudah, bagi-bagi nomor kartu kredit menteri di sini. Nggak nggak saya becanda," ujar Thomas sambil tersenyum lebar, dalam diskusi pada acara Gerakan 1000 Startup, di Istora Senayan, Minggu (18/8/2019).


Thomas meneruskan hal pertama yang harus diyakini para pelaku usaha adalah berani mengambil risiko untuk memulai menjalankan ide. Dia menekankan tak perlu jadi orang yang sangat pintar saat memulai usaha yang terpenting berani hadapi resiko.

"Karir saya sebagai investor apa yang bisa yakinkan saya ambil resiko tanam modal di start up, paling gampang dengan proses eliminasi. Sudah pasti bukan yang punya IQ paling tinggi, bukan, IQ jangan terlalu rendah tapi juga jangan terlalu tinggi," ungkap Thomas.


Dia juga mengingatkan soal eliminasi, dia mencontohkan Teori Evolusi Darwin. Maksudnya, yang bertahan dalam dunia usaha bukan yang besar dan kuat, namun yang paling adaptif dengan perkembangan zaman.

"Bukan yang paling berapi-api, analogi saya Teori Evolusi Darwin, dia pernah katakan yang bisa survive, bukan sepesies paling besar, bukan paling pintar, tapi yang paling bisa menyesuaikan, yang paling adaptif," papar Thomas.

"Kalau perlu rombak total bisnis plan, kemampuan beradaptasi, berevolusi itu yang utama," tutupnya.

Simak Video "Telat Bayar Utang Fintech, Wanita di Solo Diteror"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com