Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 29 Agu 2019 17:07 WIB

Wajib Tahu! Tips Aman Pakai Dompet Digital Antiboros

Uji Sukma Medianti - detikFinance
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Kehadiran dompet digital atau e-wallet membuat masyarakat memiliki kebiasaan baru. Kebiasaan tersebut adalah mencari informasi apakah ada promo cashback atau tidak.

Promo-promo yang ditawarkan perusahaan penyedia e-wallet menjadi alasan yang bisa menarik konsumen. Penggunaan e-wallet memang memudahkan penggunanya apalagi dengan beragam promo menggiurkan yang ditawarkan oleh para merchant.

Akan tetapi, bagai dua sisi mata uang. Beragam kemudahan yang ditawarkan ini bisa berbalik jadi bumerang bila tak bijak dalam menggunakan e-wallet. Simak tips penggunaan e-wallet berikut agar terhindar dari pemborosan.


Manfaatkan Promo Secukupnya

Di tengah gempuran godaan promo dari e-wallet, kamu bisa jajan atau membeli barang yang sebetulnya tidak diniatkan dari awal. Asal lewat di mal, tahu-tahu melipir karena ada promo besar yang ditawarkan. Untuk itu, pandailah mengendalikan diri saat melihat promo cashback.

Anggap Saldo e-wallet Seperti Uang Tunai

Salah satu penyebab penggunaan uang elektronik lebih boros adalah wujudnya yang tidak terlihat. Hal ini bisa memberi pengaruh secara psikologis. Selain harus memperhitungkan jumlah saldo yang kamu masukkan, pastikan kamu menggunakannya sesuai dengan tujuan awal. Bila perlu, catat pengeluaran untuk uang elektronik sama seperti kamu mencatat pengeluaran lain.

Pilih e-wallet yang Jamin Keamanan dan Kerahasiaan Data Pribadi

Data pribadi adalah hal mutlak yang harus dilindungi. Untuk itu, pilih e-wallet yang bisa menjamin data penggunanya. Salah satu jenis e-wallet, DANA, memiliki fitur khusus yakni DANA Protection.

Melalui fitur tersebut, DANA memberikan jaminan proteksi 100% untuk kenyamanan serta keamanan penggunanya. Jaminan proteksi ini dimanfaatkan secara optimal oleh pengguna dompet digital DANA yang telah mendaftarkan diri sebagai pengguna premium.

Untuk menjadi pengguna premium, pengguna DANA hanya perlu melakukan verifikasi data diri dengan mengirimkan foto diri dan kartu identitas langsung di aplikasi DANA.


Pilih e-wallet Sesuai Kebutuhan

Saat ini sudah banyak perusahaan penyedia e-wallet. Jangan sampai memakai e-wallet tanpa tahu tujuan. Hal itu bisa membuat keuangan jadi tidak terkontrol. Pastikan juga e-wallet yang dipilih aman untuk bertransaksi maupun data pribadi.

Fitur DANA Protection juga membuat pengguna tidak perlu mengkhawatirkan keamanan dananya yang tersedia di Saldo DANA, atau yang tersedia di kartu debit maupun kartu kredit yang mereka simpan di dalam aplikasi dompet digital DANA.

DANA memberikan garansi uang kembali jika terjadi kehilangan uang yang disebabkan oleh gangguan teknis pada saat transaksi dan kejahatan copet digital. (ujm/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com