Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 01 Sep 2019 12:01 WIB

Lipsus Pembayaran Tanpa Kartu

Bayar Nggak Pakai Kartu, Apa Saja Untungnya?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Halaman 1 dari 3
FOKUS BERITA No Card No Cry
Jakarta - Metode pembayaran seiring berjalannya waktu semakin beragam. Jika zaman dulu transaksi pembayaran menggunakan skema barter, kemudian berkembang menggunakan alat tukar berupa emas, uang, kartu hingga kini bisa tanpa kartu karena menggunakan QR code, kartu kredit digital sampai dompet elektronik.

Pembayaran tanpa kartu kini seperti mulai ditinggalkan, ada pilihan cara bayar yang lebih mudah dan efisien. Lalu apa saja untungnya jika membayar tanpa kartu?

Direktur PT Bank CIMB Niaga Tbk Lani Darmawan mengatakan saat ini pembayaran non tunai tanpa kartu sangat pesat di Indonesia. Menurut dia konsep dasar dari layanan ini adalah bank ingin memberikan kemudahan yang mudah dan baik untuk nasabah.

"Customer experience nya supaya baik dan tidak ribet, karena ada e-wallet di Go Mobile, jadi tidak usah bawa kartu," kata Lani.

Menurut dia, selain menguntungkan dari sisi nasabah, bank juga akan mendapatkan cipratan untung. Yakni nasabah akan semakin loyal menggunakan layanan dan bank bisa lebih efisien dari sisi biaya.

"Karena end game nya cashless dan cardless. Dalam jangka panjang, tidak perlu mencetak dan mengirim kartu," imbuh dia.

CIMB Niaga kini memiliki fasilitas tarik dan setor tunai tanpa kartu di ATM yakni melalui rekening ponsel atau melalui Go Mobile.

Lani mengatakan pengguna utama untuk rekening ponsel adalah mitra usaha perseroan seperti Gojek dan pengemudinya. Sedangkan untuk Go Mobile biasanya digunakan oleh nasabah umum.

Dia menyebut pertumbuhan penggunaan rekening ponsel dan Go Mobile terbilang baik. Rata-rata pertumbuhan per tahun mencapai 35%. "Masyarakat sudah merasa nyaman dan terbiasa untuk menggunakan Go Mobile sebagai dompet digital. Ke depan, harusnya uang tunai tidak perlu lagi, karena semua transaksi lewat Go Mobile saja.

"Jadikan win, win, win untuk nasabah, merchant dan juga pemerintah. Jadi memang sekarang no card no cry, karena kebiasaan masyarakat kita yang sudah cashless dan cardless," jelas dia. (kil/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com