Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 01 Sep 2019 20:39 WIB

Lipsus Pembayaran Tanpa Kartu

Pembayaran Digital juga Punya Kelemahan

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Sylke Febrina Laucereno
FOKUS BERITA No Card No Cry


Memang, jaringan listrik PLN sempat padam pada Minggu 4 Agutsus lalu. Matinya listrik ini turut mengganggu operasional sistem perbankan dan jaringan layanan pembayaran digital. Hal ini karena, dibutuhkan listrik sebagai sumber daya mesin untuk bertransaksi.

Namun, untuk bank yang memiliki mesin ATM dengan daya tambahan bisa dengan tenang melayani nasabah tercintanya. Uang tetap bisa ditarik dan transaksi tetap dapat dilakukan.

"Waktu mati listrik di Jakarta, ATM BCA jadi penyelamat orang-orang di Pondok Indah Mall (PIM). Semua pembayaran non tunai kan mati dan nggak beroperasi, ini karena ATM BCA dilengkapi dengan daya tambahan, jadi kalau mati lampu nggak pengaruh," kata Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk, Jahja Setiaatmadja.


Selain masalah listrik, masalah yang biasanya terjadi di pembayaran digital ini adalah gangguan layanan. Misalnya, tidak bisa isi ulang, tak bisa transaksi karena gangguan sinyal dan masalah lain.

Misalnya tak bisa mengisi ulang dan gagal transaksi. Seperti OVO pernah mengalami gangguan transaksi pada 12 Agustus lalu.

"Mohon maaf atas gangguan bertransaksi di OVO, GRab dan Tokopedia. Saat ini tim terbaik kami sedang berusaha memperbaikinya," tulis OVO di akun Instagram resminya @ovo_id.

GoPay juga pernah mengalami gangguan teknis seperti masalah isi ulang melalui transfer m-banking.
Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(das/das)
FOKUS BERITA No Card No Cry
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com