Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 14 Okt 2019 14:33 WIB

'Tanam Duit' di Fintech, Untungnya Berapa?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Tim Infografis Zaki Alfarabi Foto: Tim Infografis Zaki Alfarabi
Jakarta - Fintech peer to peer lending (P2P) bisa menjadi 'ladang' uang untuk masyarakat yang menjadi lender (pemilik dana).

Berikut simulasi jumlah investasi dan keuntungan yang bisa didapatkan.

Mengutip kalkulator investasi di fintech Koinworks, jika berinvestasi nominal Rp 5 juta dan memilih risiko investasi yang tinggi, maka dalam satu tahun Anda akan mendapatkan keuntungan Rp 1,55 juta. Jika risiko sedang maka keuntungan yang didapatkan selama satu tahun Rp 1,2 juta dan risiko rendah akan mendapat keuntungan Rp 950 ribu.



Selanjutnya simulasi dari fintech Investree, jika menginvestasikan Rp 5 juta dan memilih grade risiko tinggi maka bunga yang diberikan adalah di kisaran 14-20%. Jadi, jika periode pendanaan selama 180 hari, maka total keuntungan yang didapatkan sebanyak Rp 500 ribu.

Estimasi dan lama return diformulasikan berdasarkan rata-rata rekapitulasi pendanaan yang telah terjadi di Investree dengan parameter, grade dan rate yang dipilih.

Kemudian simulasi keuntungan dari fintech Amartha, dengan minimum nominal pendanaan sebesar Rp 5 juta dan risiko kredit yang tinggi maka keuntungan yang didapatkan selama 50 minggu sebesar Rp 750 ribu.

Setiap pemberi dana harus menelusuri dan mempelajari tentang pendanaan di fintech peer to peer lending. Kemudian melakukan analisis pinjaman berdasarkan informasi yang tertera di lembar fakta.

Selanjutnya pemilik dana menentukan jumlah ke tawaran pinjaman yang dipilih. Setelah itu, pendana menerima pengembalian pinjaman beserta bunga yang dapat didanai kembali pada tawaran pinjaman lainnya.



Simak Video "Telat Bayar Utang Fintech, Wanita di Solo Diteror"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com