Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 18 Nov 2019 14:32 WIB

Usaha Kecil Tak Punya Modal Usaha? Nih Solusinya!

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Usaha kecil menengah (UKM) yang tak tersentuh layanan bank, kini memiliki alternatif lain untuk mendapatkan fasilitas pendanaan. Misalnya dengan menggunakan layanan financial technology peer to peer lending.

Chief Marketing Officer KoinWorks Jonathan Bryan mengungkapkan layanan fintech peer to peer lending saat ini juga membuka akses kepada pelaku UKM digital yang sebelumnya menemukan kesulitan dalam mendapatkan akses pembiayaan.

Dia mengungkapkan saat ini ada 90% peminjam adalah pelaku UKM yang bergerak secara digital.

"KoinWorks bekerja sama dengan beberapa perusahaan e-commerce, POS, HRIS serta logistik yang bergerak secara digital untuk membentuk data network dan membangun ekosistem digital," kata Jonathan di Suasana Kopi, Senin (18/11/2019).


Jonathan menambahkan, KoinWorks sudah berhasil membuka akses para pelaku social commerce dan digital commerce untuk mengajukan pembiayaan dengan mudah mulai Rp 10 juta sampai Rp 2 miliar dengan tenor sampai 24 bulan.

"Setiap bulan mendanai Rp 250 miliar ke para pelaku UKM. Saat ini KoinWorks memiliki lebih dari 370 ribu pengguna dan menjadi wadah untuk pengembangan bisnis dan pendidikan," kata dia.

Jonathan merinci pengembangan segmen pendidikan digunakan di tempat kursus dan beberapa universitas. Adapun cicilan yang ditawarkan dengan tenor 10 tahun.

"Lini pendidikan kami memiliki KoinPintar mendapatkan akses pembiayaan pendidikan khususnya bagi tempat les, universitas jadi uang pokok atau muka bisa dicicil bahkan pinjaman cicilan bisa 10 tahun," ucapnya.

Pada segmen bisnis UKM digital, menurutnya Koinworks telah merangkul beberapa pelaku. Salah satunya Suasana Kopi.



Berdiri sejak 2017, Panji Aditya bersama kedua temannya membangun Suasana Kopi yang awalnya berlokasi di Kemang. Panji yang telah memiliki cita-cita memiliki kedai kopi sejak SMA mencoba layanan keuangan berbasis teknologi di KoinWorks untuk kebutuhan pengembangan usaha karena dinilai lebih mudah dalam prosesnya.

"Sebagai pelaku usaha, saya berkeinginan untuk berupaya mengembangkan usaha," ucapnya.



Simak Video "Telat Bayar Utang Fintech, Wanita di Solo Diteror"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com