Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 18 Nov 2019 15:31 WIB

Tips untuk UKM Biar Lancar dan Nggak Rugi Pinjam di Fintech

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Ilustrasi Pinjam Online (Tim Infografis: Andhika Akbarayansyah) Foto: Ilustrasi Pinjam Online (Tim Infografis: Andhika Akbarayansyah)
Jakarta - Pelaku UKM yang tidak bisa mendapatkan akses perbankan masih memiliki alternatif meminjam di financial technology (Fintech) peer to peer lending. Meminjam uang untuk pengembangan usaha melalui teknologi ini terbilang mudah.

Pasalnya tidak ada Survei dan tatap muka yang dilakukan antara Perusahaan dan pelaku usaha. Apa saja tipsnya supaya usaha kecil ini bisa lancar saat mengajukan pijaman di Fintech?

Founder & Creative Director Buttonscarves Linda Anggreaningsih mengungkapkan pelaku usaha yang ingin mendapatkan pendanaan bisa mulai menyiapkan dengan merapikan pencatatan keuangan.

"Catatan Keuangan, uang keluar masuk itu harus benar-benar rapi supaya Fintech ini bisa thau usaha kita berjalan lancar atau tidak. Selama ini kan kalau pinjam di bank itu butuh agunan, padahal kita sendiri belum punya apa-apa," kata Linda dalam konferensi pers di Suasana Kopi, Jakarta, Senin (18/11/2019).

Dia menjelaskan pencatatan baik manual dan digital merupakan hal yang sangat penting. Hal ini agar bisa memperhitungkan prospek bisnis ke depannya.

Selain itu mengutip CNBC Indonesia, Jonathan Bryan, Chier Marketing Officer KoinWorks, meminta pelaku UKM cermat mengajukan pinjaman ke fintech. Penting juga diperhatikan menjamurnya fintech ilegal yang tidak memiliki izin pendaftaran dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan).


Fintech seperti ini tidak menjalankan praktik pinjam meminjam sesuai ketentuan yang berlaku.

"Jadi, kebutuhan pinjaman online memang ada di masyarakat. Sekarang ini hanya bagaimana calon peminjam menyikapinya. Pastikan menentukan jenis produk pinjaman mana yang paling cocok dengan kebutuhan," tutur Jonathan

Sementara Founder Suasana Kopi Panji Aditya mengungkapkan mengajukan pendanaan di Layanan Keuangan berbasis teknologi KoinWorks adalah untuk pengembangan usaha karena dinilai lebih mudah dalam prosesnya.

"Sebagai pelaku usaha, saya berkeingnan untuk terus berupaya mengembangkan usaha dan menilai pembiayaan ini akan membantu usaha pengembangan Suasana Kopi," ujarnya.

Dengan pinjaman uang di Fintech itu maka Pengembangan toko bisa menjadi lebih mudah dan bisa membuka toko di Wilayah baru. Selain itu Sebelum mengajukan pinjaman bisa dilihat perizinan dari regulator OJK.



Simak Video "Telat Bayar Utang Fintech, Wanita di Solo Diteror"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com