Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 30 Des 2019 07:32 WIB

Pernah Belanja Pakai Paylater? Ini Untung Ruginya

Trio Hamdani - detikFinance
Pernah Belanja Pakai Paylater? Ini Untung Ruginya. Foto: iStock Pernah Belanja Pakai Paylater? Ini Untung Ruginya. Foto: iStock
Jakarta - Pada era digital seperti saat ini bermunculan beragam sistem pembayaran atau produk jasa keuangan yang bisa dikatakan memudahkan masyarakat berbelanja.

Kini sistem pembayaran tak lagi hanya bergantung pada kartu kredit perbankan meskipun eksistensinya masih ada. Di era digital seperti sekarang ini, muncul juga fenomena paylater dari perusahaan financial technology (fintech) maupun startup lainnya yang memungkinkan masyarakat untuk membeli sesuatu, baik barang ataupun jasa dengan dicicil tanpa menggunakan kartu.

Lalu apa itu paylater dan perbedaannya dengan kartu kredit? apa plus-minus keduanya?

Paylater bisa dibilang serupa dengan kartu kredit. Dikutip dari situs web resmi Bank Indonesia (BI), Minggu (29/12/2019), kartu kredit adalah alat pembayaran dengan menggunakan kartu (APMK) yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran atas kewajiban yang timbul dari suatu kegiatan ekonomi, termasuk transaksi pembelanjaan dan/atau untuk melakukan penarikan tunai.

Dengan kartu kredit, kewajiban pembayaran pemegang kartu dipenuhi terlebih dahulu oleh acquirer atau penerbit, dan pemegang kartu berkewajiban untuk melakukan pembayaran pada waktu yang disepakati baik dengan pelunasan secara sekaligus (charge card) ataupun dengan pembayaran secara angsuran.


Umumnya tiap bank punya produk kartu kredit untuk memberikan solusi kepada masyarakat yang ingin berkegiatan konsumtif tapi tidak didukung dengan dana yang dimiliki.

Fintech merupakan gabungan antara jasa keuangan dengan teknologi yang mengubah model bisnis dari konvensional menjadi moderat, yang awalnya membayar harus bertatap-muka dan membawa sejumlah uang kas, kini dapat melakukan transaksi jarak jauh dengan melakukan pembayaran yang dapat dilakukan dalam hitungan detik saja.

Fintech saat ini mulai populer dengan fitur paylater-nya alias bayar nanti. Paylater memungkinkan masyarakat untuk membeli sesuatu, baik barang ataupun jasa dengan dicicil tanpa menggunakan kartu kredit.

Beberapa contoh fintech yang memiliki fitur paylater adalah Ovo PayLater, Kredivo. Ada pula startup di bidang jasa yang mengeluarkan layanan paylater, seperti Traveloka yang mengeluarkan fitur Traveloka PayLater. Berikutnya Gojek yang mengeluarkan Gojek PayLater.

Lalu apa untung ruginya?
Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Tren Cashless Bikin Pengguna Traveloka PayLater Melonjak 10 Kali Lipat"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com