Tak Cuma SPP, GoPay Juga Bisa Buat Bayar Buku hingga Seragam

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Senin, 17 Feb 2020 11:43 WIB
Gopay
Foto: Dok. Gojek
Jakarta -

Pembayaran SPP sekolah menggunakan GoPay benar kejadian, terutama setelah Nadiem Makarim, pendiri Gojek, resmi menjabat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud).

Senior Vice President Sales GoPay, Arno Tse mengungkapkan kini para orang tua dan wali murid kini dapat membayar SPP dan biaya pendidikan lain seperti buku, seragam, dan kegiatan ekstrakurikuler dengan GoPay.

Pembayaran dapat dilakukan melalui aplikasi Gojek di fitur GoBills. Saat ini ada sekitar 180 lembaga pendidikan seperti pesantren, madrasah, sekolah dan tempat kursus di Indonesia yang telah terdaftar di GoBills.

"Layanan terbaru ini membebaskan orang tua dan wali murid untuk membayar pendidikan anak di mana saja dan kapan saja tanpa harus hadir ke sekolah. Orang tua yang sibuk dapat fokus dengan kepentingan lain seperti pekerjaan tanpa khawatir akan melewatkan tenggat pembayaran," ungkap Arno dalam keterangannya, Senin (17/2/2020).

Arno menilai pembayaran SPP dan biaya pendidikan ini dapat memudahkan para orang tua. Menurutnya, cara ini dinilai lebih teratur.

"Selain memudahkan para orang tua, lembaga pendidikan yang tergabung juga ikut merasakan manfaat transaksi digital, di antaranya penerimaan iuran yang jelas dan pencatatan transaksi yang lebih rapi dan teratur. Kami berharap dapat menjangkau lebih banyak lagi lembaga pendidikan di seluruh Indonesia untuk menerapkan pembayaran digital," tutup Arno.

Di bidang pendidikan, GoPay telah membantu Madrasah Miftahul Akhlaqiyah di Ngaliyan di Semarang, Universitas Tarumanegara dan Universitas Bunda Mulia untuk mengimplementasikan QRIS. Di awal tahun 2019, GoPay juga telah menjadi uang elektronik pertama yang membangun ekosistem non-tunai dengan 50 SMK di Jakarta Utara.

Untuk diketahui, awal Nadiem Makarim ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Mendikbud langsung mendapat beragam respon dari masyarakat. Khususnya di jagat media sosial.

Masyarakat dunia maya yang dikenal dengan istilah netizen banyak yang berkomentar mengenai pembayaran SPP sekolah menggunakan GoPay. Bahkan ada juga yang membuat meme. Meme adalah adalah ide, perilaku, atau gaya yang menyebar dari satu orang ke orang lain dalam sebuah budaya. Biasanya penyebarannya melalui internet bisa berupa gambar, video, maupun tulisan.

Berawal dari guyon, kini hal tersebut jadi kenyataan. detikcom pun mendapatkan layanan pembayaran SPP sekolah di aplikasi Gojek. Aplikasi transportasi online yang dibuat Nadiem Makarim ini terdapat layanan pembayaran SPP sekolah.



Simak Video "Nadiem akan Ubah Skema Perhitungan Dana BOS"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/ara)