Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 20 Feb 2020 18:00 WIB

5 Unicorn Indonesia, Ini Daftar Lengkapnya

Puti Yasmin - detikFinance
Unicorn Unicorn Indonesia/Foto: Tim Infografis: Nadia Permatasari
Jakarta -

Startup asal Indonesia kini telah berkembang pesat. Bahkan, di antaranya telah bergelar unicorn. Lantas, apa saja daftar unicorn Indonesia?

Unicorn adalah startup yang memiliki nilai valuasi lebih dari US$ 1 miliar. Nilai tersebut didapat dari nilai bisnis yang dilakukan perusahaan tersebut.

Berikut daftar unicorn Indonesia yang dirangkum detikcom:

1. Unicorn Indonesia Gojek

Gojek merupakan startup yang didirikan oleh Nadiem Makarim. Perusahaan ini bergerak di bidang transportasi awalnya, berupa ojek online.

Kini, Gojek telah memiliki nilai valuasi mencapai US$ 10 miliar dan menyandang status decacorn karena berhasil mengembangkan sayap bisnisnya.

2. Unicorn Indonesia Tokopedia

Tokopedia memiliki nilai valuasi mencapai US$ 7 miliar. Suntikan dana tersebut didapatkan dari Alibaba Group, Softbank Group, hingga Sequoia Capital.

3. Unicorn Indonesia Traveloka

Traveloka merupakan salah satu unicorn Indonesia dengan nilai valuasi sebesar US$ 2 miliar. Perusahaan ini bergerak di bidang pemesanan tiket pesawat dan hotel.

Perusahaan ini didirikan tahun 2012 dan saat ini juga melayani pemesanan tiket kereta, rekreasi, dan produk-produk konektivitas.

4. Unicorn Indonesia Bukalapak

Bukalapak merupakan marketplace yang menyediakan berbagai perlengkapan. Saat ini nilai valuasi Bukalapak telah mencapai US$ 1 miliar.

5. Unicorn Indonesia OVO

Unicorn Indonesia terakhir adalah layanan pembayaran digital OVO. Startup milik Lippo Group ini memiliki valuasi lebih US$ 2,9 miliar per 14 Maret lalu.

Ovo sendiri telah bekerja sama dengan Tokopedia dan Grab untuk meluaskan pangsanya. Sepanjang tahun 2018 ia sudah melakukan 1 miliar kali transaksi.

5 Unicorn Indonesia, Ini Daftar Lengkapnya


Simak Video "Kata Rudiantara soal Investor Luar Tanam Modal di Unicorn Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com