Pecah Rekor! Harga Bitcoin Dekati Rp 800 Juta

Soraya Novika - detikFinance
Sabtu, 20 Feb 2021 22:25 WIB
Bitcoin cetak rekor
Foto: Tim Infografis, Mindra Purnomo
Jakarta -

Perdagangan Bitcoin kembali pecah rekor. Mengutip Reuters, Sabtu (20/2/2021) harga cryptocurrency paling populer di dunia ini naik ke US$ 56.620 per unit setara Rp 792,68 juta (kurs Rp 14.000/US$).

Nilai itu melonjak hingga 18% dalam seminggu atau 92% dalam setahun. Seiring rekor tersebut, kapitalisasi pasar mata uang kripto tersebut menyentuh US$ 1 triliun setara Rp 14.000 triliun (kurs Rp 14.000/US$).

Sedangkan, total kapitalisasi pasar semua uang digital di dunia mencapai sekitar US$ 1,7 triliun.

Harga Bitcoin terus menanjak karena banyaknya investor dan perusahaan dunia yang mulai menerima mata uang kripto tersebut seperti Tesla, Mastercard hingga BNY Mellon.

"Jika Anda melihat emas, ia memiliki kapitalisasi pasar US$ 9 atau US$ 10 triliun. Jika suatu saat nanti bitcoin mencapai setengah dari kapitalisasi pasar emas itu, ada kemungkinan dia masih bisa tumbuh 4 kali lipat atau US$ 200.000. Jadi saya tidak tahu kapan Bitcoin akan berhenti naik," ujar John Wu, presiden AVA Labs dikutip dari Huffpost, Sabtu (20/2/2021).

Namun, banyak analis dan investor yang tetap skeptis terhadap aset digital tersebut. Aset digital ini disebut sangat tidak stabil dan sangat sedikit digunakan untuk perdagangan.

Analis di JP Morgan mengatakan harga Bitcoin saat ini jauh di atas perkiraan nilai wajar. Pergerakan harga bitcoin dinilai semakin bisa diprediksi seperti aser siklikal lainnya yang mana pergerakan nilainya bisa terpengaruh naik-turunnya perekonomian.

Cryptocurrency terbesar kedua, Ether juga memecah rekor. Kapitalisasi pasar dan volume hariannya kini mencapai US$ 2.040,62 alias terdongkrak 12% selama seminggu.

Ether adalah mata uang atau token digital yang memfasilitasi transaksi di ethereum blockchain. Kontrak berjangka Ether diluncurkan di bursa derivatif CME awal bulan ini.

(hns/hns)