PS5 Bisa Buat Menambang Ethereum Hoaks!

Danang Sugianto - detikFinance
Selasa, 02 Mar 2021 16:10 WIB
PS5
Foto: istimewa
Jakarta -

Para penggemar PS5 dihebohkan dengan kabar bahwa konsol terbaru Sony itu bisa digunakan untuk menambang uang kripto Ethereum. Namun kabar itu dibantah dan dipastikan hoaks.

Menurut laporan berita GizChina yang dilansir Coin Telegraph, Selasa (2/3/2021), pengembang perangkat lunak Cina Yifan Gu menambang Ethereum menggunakan PS5. Laporan tersebut mengklaim bahwa pengembang telah melakukan overclock CPU AMD Ryzen PS5 dan kartu GPU AMD Radeon untuk mencapai tingkat hash penambangan 98,76 megahertz per detik.

Kemudian tangkapan layar dari Gu menunjukkan perangkat keras yang tampaknya dimodifikasi itu membutuhkan daya 211 watt untuk bekerja.

Namun, tangkapan layar yang dibagikan oleh pengembang itu terdapat pesan kode QR yang isinya menjelaskan bahwa foto itu hanya hiburan semata. Bunyinya "Tidak ada perangkat lunak semacam itu," diikuti dengan tawa.

Sony pertama kali merilis PS5 pada November 2020. Perusahaan juga mengatakan PS5 tidak akan tersedia untuk para gamer di China hingga kuartal II-2021, dengan alasan konsol itu sangat diminati di seluruh dunia dan pengiriman yang terbatas karena pandemi.

Oleh karena itu agak mengejutkan ketika pengembang seperti Gu bisa mendapatkan dan memodifikasi konsol dengan begitu cepat.

Meski begitu, individu masih dapat menambang kripto di rumah menggunakan PC dan konsol game yang dimodifikasi, atau rig yang dibeli langsung dari produsen penambangan. Namun ada persyaratan daya, biaya dan tentunya ada risiko yang membuat orang ragu untuk melakukannya.

(das/ara)