Mau Investasi Bitcoin? Bisa Mulai dari Rp 10.000 Lho!

Soraya Novika - detikFinance
Kamis, 18 Mar 2021 08:44 WIB
Ilustrasi Uang Digital Bitcoin
Foto: (M Fakhry/detikcom)
Jakarta -

Investasi Bitcoin cs begitu menarik perhatian publik belakangan ini karena harganya bisa melonjak tinggi dalam sehari bahkan hitungan detik. Saking fluktuatifnya, beberapa di antaranya ada yang sudah mencapai ratusan juta rupiah per unitnya.

Lantas, orang awam mengira untuk mulai berinvestasi Bitcoin cs butuh modal yang banyak. Padahal, menurut CEO Indodax Oscar Darmawan, investasi di Bitcoin cs bisa dimulai dari modal Rp 10 ribu saja.

"Kalau di platform kita, Indodax minimal investasi itu sekitar Rp 10 ribu, nah ini yang menariknya di produk kripto, memang harga Bitcoin itu kan sekitar Rp 800 juta, Ethereum sekitar Rp 25 juta, tapi itu bukan berarti orang harus belinya Rp 800 juta atau Rp 25 juta," ujar Oscar dalam program d'Mentor detikcom, Rabu (17/3/2021).

"Karena produk digital itu memungkinkan produk ini memiliki desimal hingga 8 desimal, kayak Bitcoin bisa dari 0,000000001 sehingga orang bisa beli dari Rp 10 ribu," tambahnya.

Namun, keuntungan yang diterima sama besarnya dengan kenaikan harga mata uang kripto yang dipilih.

"Pada saat nanti Bitcoin atau Ethereum-nya naik 100%, ya uang Rp 10 ribu-nya akan naik 100% jadinya, jadi bukan berarti orang harus punya uang banyak baru bisa trading Bitcoin, nah ini kesalahpahaman yang sering orang dapati, tapi tidak seperti itu," terangnya.

Menariknya lagi, instrumen investasi satu ini sangat mudah diperjualbelikan kembali.

"Yang paling penting ini pasarnya sangat likuid, selama Anda transaksi di bawah Rp 100 miliar, Anda mau beli dan jual cepat itu sangat gampang, bahkan transaksi di atas Rp 100 miliar pun juga bisa dengan cukup cepat, tapi kalau market Indonesia saat ini menurut saya, kalau soal likuid mungkin angka Rp 100 miliar paling ideal," paparnya.

(zlf/zlf)