Goks! Kapitalisasi Pasar Bitcoin Tembus Rp 14 Kuadriliun

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 06 Apr 2021 09:18 WIB
Ilustrasi Uang Digital Bitcoin
Foto: (M Fakhry/detikcom)
Jakarta -

Kapitalisasi pasar aset kripto, termasuk bitcoin menembus US$ 2 triliun atau sekitar Rp 28 kuadriliun (asumsi kurs Rp 14.000) pada hari Senin (5/4) menurut data CoinGecko dan Blockfolio. Hal ini terjadi karena keuntungan dalam beberapa terakhir telah menarik perhatian investor institusi dan ritel.

Dikutip dari Reuters, Selasa (5/4/2021), pada sore hari kapitalisasi pasar kripto tembus US$ 2,02 triliun. Bitcoin memegang kapitalisasi pasar sebesar US$ 1 triliun atau sekitar Rp 14 kuadriliun.

Bitcoin terakhir kali naik sebanyak 1,4% menjadi US$ 59.045. Sejak menembus rekor lebih dari US$ 61.000 pertengahan Maret, pergerakan bitcoin relatif sempit. Analis mengatakan selama bitcoin tetap di atas US$ 53.000, itu akan dapat mempertahankan kapitalisasi pasar US$ 1 triliun.

Ethereum, kripto terbesar kedua dalam hal kapitalisasi pasar naik 1,3% menjadi US$ 2.103. Kapitalisasi pasarnya mencapai US$ 244 miliar pada hari Senin. Ethereum mencapai rekor tertinggi US$ 2.144,99 Jumat lalu.

"Momentum dan minat mulai berkembang melampaui bitcoin dan ethereum," kata Chief Technology Officer di bursa kripto Bitfinex, Paolo Ardoino.

"Karena industri terus berkembang, kami mengharapkan lebih banyak aplikasi berbasis blockchain untuk diperkenalkan ke dunia, dan bertepatan dengan itu, lonjakan minat di sekitar aset alternatif lainnya... karena mereka menjadi lebih siap pasar," tambahnya.

Penyedia data blockchain, Glassnode, dalam sebuah laporan penelitian, mengatakan fakta bahwa bitcoin telah memegang kapitalisasi pasar US$ 1 triliun selama satu minggu adalah kepercayaan yang kuat untuk bitcoin dan aset kripto secara keseluruhan.

Simak juga 'Mantap! Beli Mobil Tesla Bisa Pakai Bitcoin':

[Gambas:Video 20detik]



(acd/fdl)