Apa Itu Dogecoin, Uang Kripto yang Meroket dan Dipompom Elon Musk?

Aulia Damayanti - detikFinance
Jumat, 16 Apr 2021 16:05 WIB
Dogecoin
Foto: The Independent
Jakarta -

Bukan hanya Bitcoin dan Ethereum yang mencetak rekor pekan ini. Uang kripto berlogo anjing Shiba Inu, Dogecoin juga harganya meroket 85% dalam sehari. Ternyata hari ini makin melesat, kenaikannya mencapai 125%.

Dogecoin telah melonjak lebih dari 2.000% sejak awal tahun ini. Kenaikan itu belakangan akibat CEO Tesla Elon Musk yang mencuitkan Dogecoin di Twitter pribadinya. Musk sendiri adalah penggemar terkaya Dogecoin dan salah satu tokoh yang mendukung Dogecoin.

Kenaikan Dogecoin pekan ini pun dikomentari oleh Musk. Dilihat dalam akun Twitter pribadinya, dia menyambut kenaikan nilai Dogecoin ibarat melambung sampai ke Bulan.

"Doge barking at the Moon," kata dia, seperti dikutip, Jumat (16/4/2021).

Tweetnya itu mendapat 6.700 retweet, dan 254.400 likes. Bahkan terpantau #dogecoin menjadi trending topic Twitter dengan 228 ribu lebih tweet.

Jadi, apa itu Dogecoin? Uang kripto itu diciptakan pada tahun 2013. Dogecoin awal tercipta dari sebuah candaan dari komunitas kripto dengan membuat kripto dengan icon logo Anjing Shiba Inu yang akhirnya sekarang menjadi sebuah komunitas mata uang kripto yang besar.

Koin digital ini diinisiasi oleh Jackson Palmer dan Billy Markus. Mereka menciptakan itu hanya sebagai luckycoin fork yang saat ini sudah tidak berfungsi lagi.

Terungkapnya Dogecoin hanya sebuah lelucon, saat Palmer angkat kaki dari perusahaan tahun 2015. Dia mengatakan tujuannya hanya untuk lelucon dan tidak mau menghasilkan uang dari produk ciptaannya itu. Palmer juga menyatakan melihat bahaya dari kebangkitan Dogecoin.

"Saya pikir ini mengungkapkan banyak mengenai ruang cryptocurrency yang secara umum mata uang digital dengan gambar anjing di atasnya belum ada pembaruan software lebih dari dua tahun malah memiliki kapitalisasi pasar lebih dari US$ 1 miliar," ungkapnya, mengutip CNBC Indonesia.

Selama tiga tahun belakangan harga Dogecoin melonjak. Dengan meningkatnya harga Dogecoin ini menandakan bahwa aset kripto bukan hanya Bitcoin saja. Masih banyak aset kripto lainnya yang menunjukkan performa fantastis seperti Ethereum dan Dogecoin maupun lainnya.

Kemarin, Dogecoin nilainya melonjak 85% dalam 24 jam. CoinDesk mencatat dalam sehari harga Dogecoin diperdagangkan menjadi US$ 0,13 atau Rp 1.898. Kapitalisasi pasar Dogecoin sekarang lebih dari US$ 17 miliar.

Hari ini, mengutip data perdagangan Indodax, harga aset kripto berkode DOGE tersebut pagi tadi parkir di level Rp 4.264. Harga tertinggi Dogecoin tercatat sudah di level Rp 4.445, dan terendah di level Rp 1.863. Dalam sebulan terakhir, pergerakan harga Dogecoin terus merangkak naik tanpa ada penurunan berarti.

Lihat juga video 'Membaca Dampak yang Timbul Usai Elon Musk Investasi ke Bitcoin':

[Gambas:Video 20detik]



(ara/ara)