Peluang Merger OVO-DANA: Dikawinkan atau Saling Makan?

Soraya Novika - detikFinance
Senin, 19 Apr 2021 18:36 WIB
Ilustrasi OVO
Foto: Vanita Dewi Prastiwi

Sebagaimana diketahui, dalam sebuah pernyataannya, Corporate Secretary Emtek, Titi Maria Rusli memang telah membantah isu merger OVO dan DANA serta menyebut isu itu hanyalah spekulasi. Investasi yang dilakukan H Holdings Inc. pada Emtek disebut tak ada hubungannya dengan berita penggabungan kedua perusahaan pembayaran tersebut.

Namun, Titi tak membantah perseroan dan Grab kerap berdiskusi soal pengembangan ekosistem digital di Indonesia.

"Perseroan dan Grab juga telah beberapa kali berdiskusi untuk mengembangkan peluang bisnis baru. Ketika Emtek memutuskan untuk melakukan penerbitan saham guna mendapatkan tambahan modal untuk mengembangkan bisnisnya di sektor digital, media, dan layanan kesehatan, Grab menyatakan minatnya untuk berpartisipasi, yang pada akhirnya direalisasikan melalui investasi oleh H Holdings Inc," jelasnya.

Selama beberapa tahun terakhir, Perseroan sendiri telah mengembangkan bisnisnya di bidang pelayanan kesehatan dan ekonomi digital. Baru-baru ini perseroan telah melaksanakan private placement untuk memperkuat permodalan dalam mengembangkan bisnisnya terutama di bidang-bidang tersebut.

Perseroan juga telah mengakuisisi saham pengendali di PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk dan juga mendanai dan turut serta dalam, penerbitan saham baru di perusahaan tersebut untuk mendukung pengembangan bisnis dan mencapai target pertumbuhannya. Perseroan berencana untuk berinvestasi dalam pertumbuhan di bidang pelayanan kesehatan selama tiga tahun ke depan.

"Perseroan juga memiliki ketertarikan terhadap penerbitan digital, platform streaming video, pembayaran uang elektronik, dan e-commerce," tuturnya.

Berbagai bisnis digital tersebut masih berkembang dan membutuhkan modal selama beberapa tahun ke depan untuk pengembangan dan pertumbuhannya.

"Mengingat Perseroan memiliki beberapa investasi strategis di ekosistem digltal, kami yakin akan ada peluang baru dalam ekonomi digital yang dapat dimanfaatkan Emtek dengan menggunakan modal yang dihimpun melalui PMTHMETD. Tidak menutup kemungkinan peluang tersebut akan berkaitan dengan bisnis Grab, atau peluang baru yang dapat dikembangkan melalui kerja sama antara Grab dan Emtek," ucapnya.


(eds/eds)