'Disentil' Elon Musk, Harga Bitcoin Langsung Terjun Bebas

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 14 Mei 2021 07:00 WIB
Bitcoin Melambung Di Atas 20 Ribu Dolar, Bakal Jadi Incaran Investor Awam?
Foto: DW (News)
Jakarta -

Bos Tesla, Elon Musk membuat gonjang ganjing pasar cryptocurrency, khususnya Bitcoin. Kemarin dia mencuit pengumuman jika Tesla tak lagi menerima pembayaran untuk pembelian mobil menggunakan mata uang kripto ini.

Hal ini membuat nilai Bitcoin bergejolak, bahkan sampai mengalami kerugian ribuan triliun. Begini fakta-faktanya:

Tak Ramah Lingkungan

Bitcoin ditambang dengan menggunakan energi listrik dalam jumlah besar yang dihasilkan dari bahan bakar fosil. Elon Musk mendukung pernyataan tersebut, batu bara adalah emisi bahan bakar terburuk. "Cryptocurrency adalah ide cemerlang untuk masa depan, dan ini tidak baik untuk lingkungan," cuitnya.

Saham Tesla Turun

Beberapa jam kemudian, saham Tesla turun 1,25%. Sebelumnya pada Februari lalu, Tesla membeli US$ 1,5 miliar Bitcoin sebelum menerimanya sebagai pembayaran pembelian mobil pada Maret lalu. Hal ini membuat harga Bitcoin naik 20%.

Kapitalisasi Pasar Bitcoin Turun

Dari data Coinmarketcap.com nilai seluruh mata uang kripto tercatat US$ 2,43 triliun. Kemudian kapitalisasi pasar kembali turun menjadi US$ 2,06 triliun atau rugi hingga US$ 365,85 miliar. Sejak Elon Musk mencuit terkait bitcoin itu pasar cryptocurrency mengalami gonjang ganjing.

(kil/eds)

Tag Terpopuler