To The Moon! Elon Musk Bikin Harga Kripto Naik Lagi

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 15 Jun 2021 10:15 WIB
FILE PHOTO: Tesla Chief Executive Office Elon Musk speaks at his companys factory in Fremont, California, U.S., June 22, 2012.   REUTERS/Noah Berger/File Photo
Foto: Reuters
Jakarta -

Elon Musk membuat harga bitcoin kembali mengalami peningkatan. Hal ini setelah cuitannya jika Tesla bisa kembali menerima cryptocurrency setelah miner atau penambang menggunakan energi bersih.

"Ketika penggunaan energi bersih (~50%) oleh penambang, Tesla kembali mengizinkan transaksi menggunakan bitcoin," cuitnya, pada Minggu.

Dikutip dari CNN disebutkan Musk tidak mengatakan apapun bagaimana caranya penggunaan energi bersih dari aktivitas penambangan bitcoin ini. Tesla juga tidak memberikan tanggapan terkait hal tersebut.

Pada Senin pagi harga bitcoin tercatat naik lebih dari US$ 39.400 pada Senin pagi naik 12,5% dibandingkan hari sebelumnya.

Sebelumnya pada akhir Maret Tesla mengumumkan untuk menerima transaksi pembayaran menggunakan bitcoin. Namun pada Mei, Musk mengatakan perusahaannya menangguhkan rencana tersebut untuk menerima cryptocurrency sebagai alat pembayaran.

Menurut Musk biaya lingkungan yang dihasilkan dari proses penambangan bitcoin ini sangat tinggi.

Memang, bitcoin sangat fluktuatif sejak awal tahun. Menurut Coinbase pada Januari harga bitcoin tercatat US$ 29.400 dan sempat menyentuh level US$ 64.899 pada bulan April.

Tweet dari Elon Musk ini turut menggerakkan harga bitcoin. Apalagi setelah dia mengumumkan Tesla tidak lagi menerima bitcoin untuk alat pembayaran, bitcoin langsung merosot 12%. Kemudian pada Minggu Musk juga menjual 10% dari kepemilikannya untuk menunjukkan jika bitcoin ini bisa dijual dengan mudah.

(kil/fdl)