Nggak Suka Uang Digital, Trump Sebut Kripto Sebuah 'Bencana'

au - detikFinance
Kamis, 02 Sep 2021 14:14 WIB
Donald Trump kini dijerat kasus pajak usai lolos dari pemakzulan, bagaimana perkembangan penyelidikannya?
Foto: BBC World
Jakarta -

Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump berbicara soal investasi kripto atau cryptocurrency yang kini makin tenar di dunia. Trump sendiri tidak mendukung investasi dalam uang digital itu, dia menyebutnya investasi cryptocurrency adalah sebuah bencana.

"Berinvestasi dalam cryptocurrency adalah berpotensi bencana yang menunggu untuk terjadi," kata dia, dikutip dari Fox Business, Kamis (2/8/2021).

Dia pun menegaskan dia bukan penggemar dari cryptocurrency dan tidak pernah berinvestasi dalam Bitcoin dan bahkan mata uang digital lainnya.

"Saya suka mata uang Amerika Serikat," kata Trump.

Ketidaksukaannya dengan kripto pun, hingga dia beranggapan bahwa investasi kripto telah merugikan mata uang AS. Dia pun mendorong agar masyarakat berinvestasi dalam mata uang AS saja.

"Cryptocurrency merugikan mata uang Amerika Serikat. Kita harus berinvestasi dalam mata uang kita!" tegasnya.

Pada Juni lalu, Trump juga menyebut Bitcoin seperti sebuah penipuan dan euforia mata uang kripto terbesar di dunia itu melemahkan dolar AS. Dengan adanya mata uang digital yang kini makin tenar di dunia, Trump menyebut kripto telah menggeser keunggulan dari dolar.

"Mata uang dunia ini seharusnya dolar. Dan saya tidak berpikir kita harus memiliki semua Bitcoin di dunia di luar sana. Saya pikir mereka harus mengaturnya dengan sangat, sangat tinggi," ungkap Trump.

Sebaliknya dari Trump, Ketua Komisi Sekuritas dan Bursa Gary Gensler telah mengisyaratkan dia mendukung mata uang digital, tetapi berbicara di FOX Business awal bulan ini kripto tidak akan bisa mengungguli mata uang resmi jika belum ada undang-undang resmi.

Kripto disebut harus diatur dengan undang-undang yang mengatur soal pencucian uang, kepatuhan pajak, dan perlindungan investor.

Lihat juga video 'Trump Sindir Biden soal Afghanistan: Kita Dipermalukan!':

[Gambas:Video 20detik]



(dna/dna)