Kenalan Yuk Sama Fantom, Aset Kripto yang Lagi Naik Daun

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 10 Sep 2021 11:52 WIB
LONDON, ENGLAND - APRIL 25: In this photo illustration of the litecoin, ripple and ethereum cryptocurrency altcoins sit arranged for a photograph beside a smartphone displaying the current price chart for ethereum on April 25, 2018 in London, England. Cryptocurrency markets began to recover this month following a massive crash during the first quarter of 2018, seeing more than $550 billion wiped from the total market capitalisation. (Photo by Jack Taylor/Getty Images)
Ilustrasi/Foto: Jack Taylor/Getty Images
Jakarta -

Pasar aset kripto makin meningkat belakangan ini. Bukan cuma Bitcoin, beragam aset kripto pun bermunculan, salah satunya adalah Fantom atau yang memiliki inisial FTM. Aset kripto yang satu ini sedang mengalami reli kenaikan dalam beberapa waktu terakhir.

Dilansir dari republicworld.com, Jumat (10/9/2021), FTM sedang menarik perhatian para pemain kripto. Bahkan, Fantom dijuluki sebagai 'Etherium Killer' setelah Solana dan Cardano.

Fantom sendiri adalah proyek blockchain canggih yang menyediakan platform untuk membangun aplikasi terdesentralisasi yang disesuaikan dan token yang tidak dapat dipertukarkan.

Fantom Foundation selaku pengembang aset kripto yang satu ini bertujuan untuk membangun infrastruktur untuk masa depan yang lebih demokratis dan efisien sambil memecahkan tantangan yang dihadapi oleh proyek-proyek blockchain yang lebih tua seperti Bitcoin.

Fantom bertujuan untuk menemukan solusi untuk meningkatkan kecepatan, keamanan, dan skalabilitas cryptocurrency terdesentralisasi.

FTM saat ini menjadi incaran karena memiliki platform kontrak pintar direct acylic graph (DAG). Hal itu dapat meningkatkan skalabilitas dan kecepatan transaksi yang bisa meningkat hingga lebih dari 300rb per detik.

Fantom didukung oleh kekuatan Lachesis yang dibangun di atas blockchain Ethereum, karena platform yang cepat dan efisien, proyek blockchain terkemuka seperti Chainlink, Raviton, dan Band Protocol telah berkolaborasi dengannya, menyebabkan lonjakan harga.

Sementara itu, sampai saat ini Fantom diperjualbelikan di harga Rp 24.958 per pukul 11.30 WIB di situs Coinbase. Fantom pernah menyentuh harga mencapai Rp 27.459 per koin sebagai rekor tertingginya.

Harga Fantom sendiri telah naik sebesar 105,00% dalam 7 hari terakhir. Sementara kalau ditarik selama sebulan terakhir sudah naik 520%. Meskipun saat ini harga sedang turun 3,33% dalam 24 jam terakhir.

Sejauh ini volume penjualan FTM selama 24 jam sebesar Rp 21,9 triliun, dengan market cap sebesar Rp 63,8 triliun. Pasokan yang beredar saat ini adalah sebanyak 2.545.006.273 koin Fantom.

(hal/eds)