OVO, GoPay, ShopeePay, hingga DANA, Siapa Juara Dompet Digital?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 14 Sep 2021 15:57 WIB
Mobile Payment with NFC technology  on Smartphone shopping online with filter effect
OVO, GoPay, ShopeePay, hingga DANA, Siapa Juara Dompet Digital?
Jakarta -

Dompet digital saat ini menjadi salah satu tren atau gaya hidup di masyarakat. Karena tak perlu membawa dompet untuk uang tunai, hanya dengan handphone dan aplikasi pengguna bisa melakukan pembayaran dengan mudah dan cepat.

Ada banyak dompet digital di Indonesia. Mulai dari ShopeePay, OVO, GoPay, DANA sampai LinkAja. Pengguna bisa bebas memilih dompet digital sesuai dengan kebutuhan dan dompet digital mana yang memberikan banyak keuntungan.

Kira-kira dari banyaknya dompet digital yang ada di Indonesia mana ya yang paling banyak digunakan?

Dari riset Neurosensum pada Maret 2021 dengan 1000 responden berusia 19-45 tahun di 8 kota besar disebutkan jika Shopeepay menduduki posisi puncak untuk pengguna dompet digital. Hal ini karena Shopeepay menggenjot promosi besar-besaran untuk menarik konsumen.

Riset menyebutkan bahwa ShopeePay mendapatkan penetrasi pasar tertinggi (68%), diikuti oleh OVO (62%), DANA (54%), GoPay (53%), dan LinkAja (23%). Salah satunya didapatkan melalui jajaran promosi terbanyak yang ditawarkan oleh ShopeePay menurut responden (42%), OVO (25%), GoPay (16%), DANA (13%), LinkAja (4%).

Sehingga lebih dari sepertiga responden (34%) pun menganggap bahwa ShopeePay adalah pemain dompet digital dengan pertumbuhan terpesat selama 3 bulan terakhir, diikuti oleh OVO (25%), DANA (20%), GoPay (17%), dan LinkAja (4%).

Jika diteliti lebih mendalam lagi, ShopeePay berperan dalam menggantikan peran in-person shopping experience dengan segala kemudahan virtual transaction, terutama untuk produk yang dahulu lebih banyak dibeli ketika berkunjung ke pusat perbelanjaan.

Berdasarkan hasil riset, ShopeePay terbanyak dijadikan sebagai dompet digital untuk pembayaran belanja peralatan rumah tangga, yaitu setinggi 47%, kemudian diikuti oleh OVO (17%), DANA (13%), GoPay (7%), dan LinkAja (3%). Kemudian untuk belanja kategori peralatan elektronik, ShopeePay juga memimpin dengan 37%, disusul OVO (20%), DANA (14%), GoPay (9%), dan LinkAja (3%).

Lanjut ke halaman berikutnya.

Lihat juga Video: Tren Investasi dan Donasi di GoPay Meningkat Selama PPKM

[Gambas:Video 20detik]