7 Tips Beli Altcoin bagi Pemula

Sponsored - detikFinance
Kamis, 23 Sep 2021 18:45 WIB
Ilustrasi Kripto
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Diversifikasi di ranah investasi memudahkan semua orang dalam memilih jenis investasi sesuai dengan profil risiko yang akan diambil. Ada yang memilih investasi dengan risiko rendah dan ada yang memilih investasi berisiko tinggi. Semua dilakukan untuk tujuan yang sama, yaitu mendapatkan keuntungan.

Salah satu cara investasi yang termudah adalah beli Altcoin via Pluang. Platform ini menyediakan aneka Altcoin yang bisa jadi alternatif selain Bitcoin. Jadi, portofolio investasi yang dimiliki lebih beragam. Jika Anda ingin melakukannya via aplikasi, ada baiknya untuk menyimak dulu tips berikut ini.

1. Mempelajari Aset Kripto secara Umum

Apa pun jenis aset kripto yang nantinya dibeli, seseorang harus mempelajari terlebih dahulu dasar dari mata uang digital ini. Paling tidak, seseorang harus paham bagaimana cara memperoleh koin hingga bagaimana cara melakukan transaksi.

Setelah dasar dari aset kripto atau cryptocurrency ini dipahami, Anda baru bisa menentukan kira-kira mau membeli jenis apa dan mendapatkannya di mana.

2. Memilih Altcoin yang Tepat

Beli Altcoin tidak semudah membeli aset digital lainnya. Seseorang harus benar-benar memilih dan menyesuaikan dengan budget yang dimiliki. Selain itu, mereka juga harus mengetahui bagaimana perkembangan aset tersebut.

Bitcoin memang cukup bisa diandalkan saat ini. Namun, ada alternatif lain yang siap untuk dicoba, misal koin Ethereum, Cardano, hingga XRP yang juga punya peluang besar berkembang di masa depan.

3. Analisis Fundamental pada Aset

Analisis fundamental hampir mirip dengan analisis yang ada pada pasar saham. Calon investor harus tahu berapa market value dan aset yang dimiliki. Dengan begitu, mereka tidak akan sembarangan saat memilih aset kripto selain Bitcoin.

Analisis ini bisa dilakukan secara langsung dengan menggunakan platform seperti Pluang. Dari sana, akan tersedia data dari alternative coin yang ada. Jadi, Anda bisa dengan mudah menyimpulkan kira-kira aset kripto mana saja yang bisa dibeli.

4. Analisis Teknikal pada Aset

Analisis teknikal juga penting sebelum memutuskan untuk memiliki Altcoin. Sedikit berbeda dengan analisis fundamental yang menggunakan data, analisis teknikal biasanya dilakukan dengan melihat atau membaca grafik dari pergerakan aset kripto.

Ada yang melihat pergerakan ini dengan menggunakan kurva dan ada yang memakai candlestick. Saat ini banyak metode analisis teknikal sehingga bisa digunakan untuk memprediksi sebelum memutuskan untuk beli atau jual aset kripto.

5. Teknologi Keamanan

Saat memutuskan untuk membeli aset kripto, tentu Anda juga harus mengetahui bagaimana sistem keamanan yang dimiliki oleh platform tersebut. Misalnya sistem keamanan yang punya 2 lapis atau 2FA yang biasanya menggunakan SMS atau email. Jadi, tidak hanya pakai kata sandi saja.

Selama sudah tergabung di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI), bisa dipastikan jika layanan keamanannya sudah baik. Selain itu sudah bisa dipastikan juga layanan itu memiliki sertifikasi ISO 27001 untuk sistem keamanannya.

6. Paham Saat Harus Beli dan Jual

Saat akan beli Altcoin, Anda harus benar-benar memahami siklus dan tren harga dari koin tersebut. Adakalanya koin memiliki tren naik dan ada waktunya memiliki tren turun. Meski demikian, harga dari altcoin ini bisa naik turun setiap menitnya.

Apabila ingin melakukan transaksi, wajib memahami kapan saja harus membeli dan kapan saja harus menjual. Umumnya, saat harga sangat rendah seseorang akan membeli. Sebaliknya, saat harga tinggi mereka akan menjual dan mendapatkan keuntungan dari margin.

7. Mempelajari Perkembangan Aset Kripto

Setiap tahunnya jenis aset kripto yang menjadi Altcoin terus bertambah. Itulah kenapa sebelum beli Altcoin disarankan untuk selalu mempelajari perkembangan dari cryptocurrency yang ada di dunia.

Dengan mempelajari hal itu, Anda bisa mempertimbangkan untuk melakukan diversifikasi saat berinvestasi aset kripto. Jadi, bisa memaksimalkan keuntungan karena bisa melakukan analisis terkait dengan aset mana saja yang bisa berkembang.

Membeli Altcoin bisa menjadi alternatif saat melakukan investasi aset kripto. Jadi, yang dibeli tidak hanya Bitcoin yang memang sangat digemari oleh banyak orang. Membeli koin alternatif juga akan menurunkan risiko kerugian jika salah satu aset kripto harganya anjlok.

Saat ini investasi aset kripto memang cukup mudah untuk dilakukan. Meski demikian, tidak ada salahnya untuk selalu berhati-hati. Dengan begitu aset yang dimiliki tidak akan berkurang hingga akhirnya mengalami kerugian yang cukup banyak.

(Content Promotion/Pluang)