Cara Dapat Bitcoin Selain Nambang Beserta Langkah Investasinya

Jihaan Khoirunnisa - detikFinance
Rabu, 29 Sep 2021 09:36 WIB
Ilustrasi Kripto
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Saat ini mata uang kripto seperti Bitcoin masih menjadi salah satu opsi investasi yang banyak dilirik selain reksadana dan saham. Pasalnya investasi Bitcoin dinilai cukup menjanjikan di masa depan.

Terdapat beberapa cara mendapatkan Bitcoin. Salah satunya yaitu dengan mining atau menambang. Namun aktivitas menambang tidaklah murah. Untuk menambang Bitcoin diperlukan software serta perangkat komputer yang mumpuni.

Selain itu, Anda perlu listrik yang besar serta koneksi internet super cepat. Jika tidak maka upaya yang dilakukan lebih besar ketimbang nilai Bitcoin yang didapat. Hal inilah yang membuat banyak orang enggan menjadi penambang.

Untuk mendapatkan Bitcoin Anda juga bisa menjual barang dan jasa, lalu meminta orang untuk membayar dalam bitcoin. Namun selain itu, ada cara lain untuk mendapatkan Bitcoin, yaitu dengan membelinya. Cara ini dinilai paling mudah karena simple dan tidak membutuhkan banyak modal. Melansir Time, ini dia langkah yang perlu dilakukan untuk membeli Bitcoin:

1. Pilih Platform Exchange

Bitcoin bisa Anda dapatkan dengan membelinya lewat perusahaan exchange. Agar aman, Anda bisa memilih platform exchange yang terpercaya. Adapun daftar perusahaan exchange resmi dan terdaftar bisa dilihat dalam laman resmi Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Selain keamanan, faktor lain dalam memilih platform exchange yang tepat yaitu dengan mempertimbangkan harganya. Setelah memilih salah satu, Anda diminta untuk melakukan proses Know Your Customer. Dalam proses ini Anda harus mengunduh beberapa dokumen, seperti KTP, foto, dan dokumen pendukung lainnya.

2. Deposit

Setelah Anda dinyatakan lolos verifikasi, langkah berikutnya adalah menyetorkan deposit awal. Deposit akan dikirim ke rekening yang sudah ditentukan dengan nominal yang berbeda antar platform exchange. Nantinya saldo deposit ini bisa dipakai untuk membeli Bitcoin atau aset kripto lainnya.

3. Simpan di Dompet Bitcoin

Beberapa platform exchange memfasilitasi Anda untuk menyimpan investasi di dalam akun. Namun untuk keamanan ekstra ada baiknya Anda bisa memindahkan aset digital tersebut ke dompet Bitcoin. Kebanyakan platform jual beli tidak menyediakan pilihan dompet Bitcoin. Namun, ada juga kok yang memberikan fasilitas dompet untuk memudahkan Anda menyimpan asetkripto dengan aman, seperti halnya Luno Indonesia. Luno Indonesia merupakan salah satu penyedia layanan exchange terpercaya karena sudah mengantongi izin Bappebti.

Luno Indonesia menyediakan akses untuk mempermudah Anda dalam mendapatkan aset kripto secara instan tanpa biaya tersembunyi dengan biaya rendah, yakni sebesar 0,75%. Untuk membeli Bitcoin pun, Anda hanya perlu modal Rp 25 ribu saja.

Selain itu beli Bitcoin di Luno Indonesia dengan modal Rp 50 ribu maka biaya adminnya nggak sampai Rp 500, lho. Marketplace kripto ini juga menawarkan pilihan pembayaran yang beragam, jadi Anda bisa dengan mudah melakukan deposit maupun penarikan dengan cepat.

(akn/ara)