Simak! Ini 'Bensin' yang Bikin Bitcoin Bakal Terus Meroket

Danang Sugianto - detikFinance
Selasa, 19 Okt 2021 09:27 WIB
Bitcoin
Simak! Ini 'Bensin' yang Bikin Bitcoin Bakal Terus Meroket
Jakarta -

Bitcoin sedang di atas angin. Aset kripto paling tenar ini telah melonjak lebih dari 40% di bulan ini. Bitcoin sekarang diperdagangkan di atas US$ 60.000. Angka itu tidak jauh dari posisi tertinggi sepanjang masa yang dicapai pada April lalu di level US$ 64.800.

Salah satu yang mendorong para investor membeli Bitcoin adalah euforia dari peluncuran dana yang diperdagangkan di bursa berjangka bitcoin pertama. ETF Strategi Bitcoin ProShares akan diluncurkan pada hari Selasa mendatang.

ETF tersebut akan memberikan titik masuk bagi investor yang tertarik dengan cryptocurrency tetapi tidak ingin berurusan dengan pembelian dan penjualan aset itu sendiri.

SEC memberi isyarat minggu lalu bahwa mereka akhirnya dapat menyetujui instrumen semacam itu, yang telah lama dilobi oleh industri kripto. Jika terus berlanjut, ETF dapat meningkatkan reli Bitcoin yang terjadi belakangan ini.

"Kami memandang persetujuan ETF berjangka Bitcoin sebagai langkah positif untuk ruang aset digital," kata Direktur Penelitian Kebijakan BTIG Isaac Boltansky dilansir dari CNN Selasa (19/10/2021).

Meski begitu, bukan berarti regulator AS benar-benar sudah percaya dengan aset kripto. Boltansky mencatat bahwa ETF berjangka berbeda dari ETF yang membeli dan menjual bitcoin secara langsung. SEC juga tampaknya tetap skeptis terhadap aset kripto.

Lanjut ke halaman berikutnya.