Singapura Mau Gelar Pameran Fintech Virtual, Kayak Gimana Tuh?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 27 Okt 2021 09:36 WIB
Fintech
Foto: Tim Infografis Zaki Alfarabi
Jakarta -

Otoritas keuangan Singapura atau Monetary Authority of Singapore (MAS), bersama The Association of Banks in Singapore (ABS) akan menggelar Singapore FinTech Festival 2021 (SFF 2021) secara hybrid pada tanggal 8 sampai 12 November 2021.

Mengambil topik utama Web 3.0, para peserta dapat menghadiri berbagai konferensi, pameran, dan acara-acara industri yang akan dibawakan oleh ratusan pembicara terkemuka dan dihadiri oleh puluhan ribu peserta dari seluruh dunia.

"Selama lima tahun terakhir, Monetary Authority of Singapore telah menjadikan Singapore FinTech Festival (SFF) sebagai ajang fintech yang terkemuka di tingkat global. Sekarang adalah saatnya kami meningkatkan misi global dari SFF ini. Singapura telah menjadi pusat pengetahuan yang penting untuk membuka kesempatan kolaborasi yang lebih luas di antara para pelaku industri fintech serta memfasilitasi kerjasama antara sektor publik dan privat di tingkat dunia," kata Chief Fintech Officer Monetary Authority of Singapore Sopnendu Mohanty.

Dari segi topik, SFF 2021 akan secara khusus membahas tiga hal kunci yang penting bagi pengembangan ekosistem digital. Pertama, rekonfigurasi produk dan layanan finansial melalui Embedded Finance (#EmFi), decentralised finance (#DeFi), dan mata uang digital. Kedua, integrasi aspek lingkungan, sosial, dan tata Kelola (ESG) ke dalam desain inti layanan jasa keuangan.

Ketiga, adopsi infrastruktur digital yang fundamental (identitas digital, pertukaran data yang terpercaya, interoperabilitas sistem pembayaran dan sistemconsent).

Melanjutkan kesuksesan tahun lalu yang berhasil mendatangkan para pembicara yang berpengaruh di bidangnya seperti Jacinda Ardern (Perdana Menteri Selandia Baru), Uhuru Kenyatta (Presiden Kenya), Fran├žois Villeroy de Galhau (Gubernur Banque de France), Bill Gates (Bill & Melinda Gates Foundation), dan Sundar Pichai (CEO Google and Alphabet), gelaran tahun ini juga akan menampilkan para pemenang MAS Global FinTech Hackcelerator, Global CBDC Challenge, FinTech Awards, dan peserta Innovation Lab Crawl.